24 May 2014

REVIEW KOSS KSC75 (standard and headband mod)

KOSS KSC75, sebuah sportclip headphone yang sudah sangat diakui sound qualitynya oleh audiophillers. Sayangnya meski belum berstatus discontinue, namun semakin sedikit penjual yang memasukkan barang ini ke Indonesia. Harganya hanya $19.99, namun ketika masuk Indonesia menjadi Rp 300.000-350.000 (Mei 2014)
Meski dijual dengan harga agak tinggi, tapi masih banyak yang mencari. Memang seperti apa sih kualitasnya?

Features
High fidelity clip headphones
Exceptionally wide frequency response
Computer-optimized neodymium, iron, and boron rare-earth magnet structures deliver amazing clarity at any volume
Include a straight, dual entry, 4 foot cord with gold-flashed 3.5 mm (1/8") plug
Pivoting clips promise accommodating fit
Enjoy greater volume despite low-voltage portable devices
Covered under the Koss Stereophones Limited Lifetime Warranty
Specification
Freq response : 15-25000Hz
Impedance : 60 Ohm
Sensitivity : 101dB

Packing dan Aksesoris
Punya saya yang packing baru nih. Dusnya berwarna abu-abu dan kuning. Tidak ada aksesoris sedikitpun di dalamnya, termasuk tidak ada minimal busa cadangan. Hanya sebuah KSC75 saja yang terlindung rapi di dalam konstruksi plastik.
Terdapat kartu garansi SEUMUR HIDUP. Yap, SEUMUR HIDUP, koss tidak tanggung-tanggung dalam menjamin aftersales terhadap produknya. Sayang kita harus mengirimkannya ke amerika nun jauh disana, tidak ada distributor resmi di Indonesia.

Design, Build Quality, and Comfort
Ditakdirkan sebagai sport earclip, KSC75 menggunakan earclip sebagai pengangga headphone ke telinga. Sebagai sebuah sport earclip, kenyamanan yang ditawarkan KSC75 bagus, sangat stabil, kokoh, dan nyaman di telinga. Namun jika kita memandangnya sebagai sebuah "daily headphone", KSC75 ini cukup memberi rasa sakit pada telinga belakang jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.
 
Tampak depan, KSC75 mengedepankan kesan sporty, not stylish. Bagi sebagian orang, terlihat "ugly", namun tidak bagi saya. Warna silver dengan aksen lubang-lubang terkesan gagah kok serius. Mungkin desain busa yang terlihat melebar menyelimuti pinggiran muka depan bikin kesan "murahan" dan kurang stylish dibanding earclip lainnya.

Bicara build pun bagus kok, tidak seperti headphone $20 lainnya yang ringkih. KSC75 ini terasa solid dan kokoh sekali, termasuk di konstruksi earclipnya yang terbuat dari besi dilapisi plastik. Sambungan earclip ke housing juga bagus, bertumpu pada "sendi peluru", headphone bisa bergerak ke segala arah untuk mendapatkan posisi ideal di telinga.
Nah, karena KSC75 ini cenderung tidak nyaman untuk penggunaan dalam waktu yang lama, banyak orang memodifikasinya menjadi sebuah headphone.
Jika tidak mau repot memodifikasi, ada headphone yang 99% compatible untuk KSC75 ini, keenion KDM-6300 dan koss porta pro. Koss portapro harganya 3x lipat KSC75, sehingga tidak worth. 
Keenion KDM 6300 lebih worth, bisa Anda dapatkan seharga Rp 50.000. Namun tidaklah mudah mendapatkan keenion tipe ini, karena tipe lama.

Baik headband portapro maupun keenion KDC 6300 tidak bisa menggigit dudukan housing KSC75 dengan baik. Solusinya mudah saja, lapisi dudukan KSC75 dengan selotip atau kertas, baru tempelkan ke headband. Anda akan mendapatkan konstruksi yang kokoh dengan tips sederhana tadi
Konstruksi dudukan KSC75 bisa dilihat di gambar dibawah. 

 
Mod headband tentu merubah suara, karena headphone lebih menempel rapat ke telinga. Akan dibahas nanti ya :)

Suara
Setup yang digunakan :
- Laptop dengan DAC centrance dacport
- samsung galaxy S2 custom ROM with viper4android

General character Koss KSC75 menurut subjektivitas saya :

Mari bahas satu per satu, mulai dari kondisi standar hingga mod headband
Bass
KSC75 memberi bass yang punch dan tight, kontrolnya sangat baik tidak meleber kemana-mana. Sayang low bass agak kurang, sehingga kurang terasa empuk dan fun. Kuantitas bass sendiri sedang, tidak lack of bass kok namun untuk nge-trance memang kurang besar. 
Speednya mantap, untuk lagu metal tidak kedodoran samasekali, lincah dan dinamis. Tiap pukulannya berasa detail dan jelas batas antargebukan drum.
Headband mod
Punch bass lebih terasa, kuantitas terasa lebih banyak dan lebih nendang. Namun terkadang sedikit muffled

Mid
Vokal sedikit forward dengan clarity yang baik sekali. Tidak menemukan sibilance samasekali saya. Mid dan vokal KSC75 lebih menonjolkan sisi clarity daripada sweetness, dimana suaranya sangat bersih dan bening namun vokal kurang sweet dan berbobot. Tidak tipis kok, cuman memang less sweetness.
Clarity ini membuat genjrengan gitar begitu bersih dan detail, pun efek gitar listrik terasa garang raungannya. Di kelas harganya, rata-rata midrange bersuara blanketed alias seperti tertutup selimut. Namun, KSC75 tidak, semuanya terdengar lepas dan clear.
Headband mod
Tidak memberi pengaruh signifikan disini

High
KSC75 menampilkan high yang sangat airy, maklum lah desain earclip membuat headphone tidak menempel rapat di telinga sehingga kesan airy menjadi sangat kuat. Tidak hanya disitu, highnya sangat clear, crisp, and enough sparkling! Ekstensinya pun baik sekali, sangat lepas melayang ke kanan-kiri dan atas, serta tidak ada gejala roll off early. Menariknya, high tidak menjadi tajam, meski kuantitasnya bisa dibilang banyak dan crisp namun KSC75 tetap mempertahankan pada level enak didengar. NICE!
Headband mod
Karena headband membuat headphone menjadi rapat menempel di telinga, maka kesan airy menjadi berkurang. High pun tidak selepas dan se-sparkling kondisi standar

Separasi, Soundstage, detail
Separasi bisa dibilang oke, cukup mengejutkan headphone $19 bisa memberikan separasi sebaik ini. Jauh meninggalkan JVC HA-S160 yang dibanderol dengan harga yang sama. Soundstage terbilang decent, tidak luas sekali namun sedikitpun tidak berasa sempit. Jangan tertipu dengan kesan airy yang kuat, sebenarnya posisi instrumen tidak terlalu melebar jauh. Namun jika dibandingkan dengan JVC HA-S160 tentu KSC75 ini jauh lebih luas. Soundstagenya hanya berasa melebar saja, kesan depan dan atas sangat kurang.
Detail sendiri cukup baik, bukan detail revealer namun sudah sangat baik di kelasnya. Detail-detail yang dibutuhkan untuk bermusik tertampil apik,
Headband mod
Soundstage berasa lebih narrow, efek berkurangnya kesan airy dan tidak ada lagi space headphone dengan telinga. Detail kecil lebih terdengar, tidak lagi sayup-sayup.

Genre
KSC75 ini bisa melahap semua jenis musik. Kondisi standar memang agak kurang di genre basshead, namun jika sudah headband mod bass lebih nendang sehingga fun nya lebih terasa.
Bestnya di genre pop, jazz, akustik, rock, hingga metal.
Mungkin di genre yang butuh soundstage superluas dengan separasi dan layering excellent seperti orchestra bakal berasa kurang, begitu juga genre yang sangat mengutamakan vokal. Tidak jelek sih vokalnya, namun kurang emosional saja.

Kesimpulan
Dihargai $19, bisa dibilang sulit sekali mengalahkan price to performance KSC75. Sayang sampai di Indonesia harganya bisa lebih dari Rp 300.000. Namun jika dihargai segitu pun, KSC75 masih sangat-sangat bersaing dengan headphone lainnya, malah masih masuk jajaran the best di kisaran Rp 300.000.
Kelemahan KSC75 bisa dibilang hanya di desain earclip yang kurang nyaman untuk pemakaian dalam waktu yang lama. Memang dengan mod headband akan menambah kenyamanan bagi beberapa orang, namun sedikit merubah suara juga. Saya pribadi jauh lebih suka baik segi suara apalagi kenyamanan KSC75 yang sudah di mod headbandnya.

Plus
+ netral and balanced sound
+ very airy, good extension
+ very good sound quality on low price

Minus
- tidak semua orang nyaman dengan earclip
- beberapa orang bilang desainnya kurang keren dan modis

Should I buy this? Dari segi suara dan harga, bisa dibilang ini excellent portable headphone. Saya pribadi sangat merekomendasikan untuk mengganti headband agar nyaman digunakan berlama-lama

8 comments:

  1. Om, tanya Koss Porta Pro? Untuk Ipod nano lama.
    http://www.ebay.com/itm/Koss-Porta-Pro-Adjustable-Headphones-New-Stereo-Folding-PORTAPRO-BRAND-NEW-/331549046124?pt=LH_DefaultDomain_0&var=&hash=item4d31dcf56c

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada apa dg porta pro? Apa yg mau ditanyain?
      gw udh nyoba porta pro, dulu banget jg pernah punya :D

      Delete
    2. Om, kira lansung colok bagus tidak?
      Kalau beli di ebay not fake artinya original / tidak original?

      Delete
  2. Harganya US $24.99
    Approximately IDR333,200.00

    ReplyDelete
  3. Kl >500k kira" Headphone yg best depht sounstage apa y oM.....

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Gak termasuk..

      Nyari soundstage dan imaging under 500k paling HD2000, tapi yhaa jgn berharap depth yg gimana-gimana sih buat kelas harga segini mah (jgn menjadikan hedpon kelas atas sbg acuannya)

      Delete
  5. Om kalo untuk bassnya ksc75 ini worth it ga ya untuk harganya, atau saran headphone dan earbud <500k yg bass nya enak

    ReplyDelete