02 July 2014

earbud sponge : dBe sponge vs basic sponge

Sekali-kali bikin tulisan tentang aksesoris ah. Bukan sembarang aksesoris, karena foam ini cukup berpengaruh terhadap suara dari earbud.

Sebenarnya banyak foam yang beredar di pasaran, namun kebanyakan tanpa merk. Nah, di pasaran saya menemukan dua buah "branded foam", yaitu dBe foam dan basic foam.
Harganya berapa?
Menurut website basic dan dBe per 02/07/2014, basic foam dijual seharga Rp 20.000, dBe foam dijual seharga Rp 30.000.
Saya berharap website dBe ada salah harga (dan semoga memang harganya belum naik), karena di pasaran dBe foam bisa ditemui seharga Rp 20.000.
Untuk harga terupdate, silakan kunjungi store masing-masing :
basic online store

Packing
Basic memberi packing warna-warni ceria, dengan plastik-plastik cembung yang saling terpisah satu sama lain sebagai wadah penyimpan foam. Satu paket berisi tiga pasang dengan tiga warna foam yang berbeda, yaitu hitam, abu-abu, dan putih. Cukup memberi pilihan untuk menyesuaikan dengan warna earbud kita.
dBe sendiri packingnya tidak seceria basic, konstruksinya mirip dengan packingnya microSD. Di dalamnya ada 3 pasang foam dengan warna yang sama, yaitu hitam.
Kalau boleh jujur, warna hitam adalah favorit saya, karena jika digunakan dalam waktu yang lama pun tetap terlihat bersih, berbeda dengan warna putih yang akan terlihat dekil, apalagi kalau tidak menjaga kebersihan telinga dan tempat penyimpanan.

Bahan Sponge
Jika dilihat secara detail, basic sponge memiliki kepadatan dan ketebalan busa yang lebih baik dari dBe sponge. Pengaruhnya? dBe sponge lebih cepat melar dibanding basic sponge. Saya melakukan pengujian dengan memakaikan basic sponge dan dBe sponge pada dBe PR10 rev II selama satu minggu, dengan pertimbangan housing besar PR10 rev II layak untuk dijadikan arena menguji kelenturan dan ketahanan sponge.
Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah (klik untuk resolusi full 8MP) :
Cukup terlihat bukan bahwa basic sponge memiliki ketebalan dan kepadatan lebih baik dari dBe sponge?

Suara
Apakah dBe sponge dan basic sponge ini memberikan suara yang berbeda signifikan? Jika dibilang signifikan saya rasa tidak, namun saya bisa menangkap beberapa perbedaan.

Pengujian langsung menggunakan dBe PR10 rev II. Basic sponge memberi suara yang sedikit lebih warm dengan bass yang lebih besar dan mid agak muffled dibanding dBe sponge yang terdengar lebih lepas natural. 
Yap, bahan lebih tebal dan padat membuat isolasi suara semakin baik, sehingga suara bass tidak banyak yang bocor, makanya terdengar lebih besar. Namun bahan yang lebih tebal membuat lebih banyak suara yang teredam, akibatnya suara sedikit lebih muffled. 

Yang mana yang harus saya pilih?
Keduanya sama-sama baik dengan plus minus masing-masing. Basic sponge dengan bahan tebal dan padatnya namun kadang membuat muffled, dBe dengan suara yang lebih naturalnya namun bahannya lebih cepat melar.
Basic sponge cukup bagus dalam meredam suara-suara tajam yang mungkin muncul dari earbud yang bright sedangkan dBe sponge dengan suara yang lebih natural cocok-cocok saja buat segala jenis suara.

Impresi di atas tentu bisa berbeda, tergantung dengan kesesuaian antara besar telinga dan besar earbud alias fitting.
Basic sponge cocok untuk earbud yang kecil, misalnya Sony E9LP/yuin, atau Anda yang bertelinga besar. Dia terasa lebih memenuhi telinga dan tidak mudah lepas. Selain itu terutama pada earbud bright dengan bass tipis seperti E9LP, basic sponge cukup bisa meredam suara yang berpotensi menjadi tajam dan bass lebih terasa. 
dBe sponge lebih bersahabat dengan earbud yang besar, misalnya PR10 rev II/sennheiser MX760, atau Anda yang bertelinga kecil. dBe sponge tidak membuat suara menjadi terlalu warm atau muffled, terasa lebih natural dan tidak terasa cepat gerah bagi Anda yang bertelinga kecil.

8 comments:

  1. om saya mau tanya nih..
    kalau misalkan spongenya kita bikin donut apakah perbedaan bahan dari spongenya masih pengaruh ke suara?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngaruh..
      Bahan donut foam tebal dan tipis ngaruh ke suara

      Delete
    2. oh ternyata begitu toh om..
      ok makasih om atas pencerahanya..

      Delete
  2. Om mau tanya nih.
    Sebenarnya pemakaian foam itu diharuskan gak? Apa benar foam itu merubah suara? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya terserah elu, mau pake silahkan, klo gak pake jg gapapa
      Foam merubah suara

      Delete
  3. Om mau tanya nih.
    Sebenarnya pemakaian foam itu diharuskan gak? Apa benar foam itu merubah suara? Makasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga harus, cuman di bbrp kondisi dan telinga dia membantu fitting aja..

      Foam ngerubah suara, soalnya jadi less bocor dibanding tanpa foam

      Delete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete