29 July 2014

REVIEW dasetn MC5

Dasetn strike again..
Kali ini dasetn mengeluarkan earbud seharga $10. Untuk menambah daya tarik, housingnya dibuat transparan, jadi kita bisa melihat isi di dalam earbud ini.
Seperti apa performa earbud yang banyak dihargai Rp 150.000 (Juli 2014) oleh penjual dalam negri ini?

Paket Penjualan
Agar sesuai dengan tema "transparent earbud", dasetn pun membuat packing dari mika transparan berbentuk silinder. Di dalamnya terdapat earbud MC5, 3 pasang sponge (2 full sponge, 1 donut sponge), sebuah shirt clip, dan satu penggulung kabel berbentuk tulang ikan. Tidak diberikan hardcase, namun Anda bisa menggunakan wadah silindernya sebagai hardcase saat bepergian.

Design, Build Quality, Kenyamanan
Desainnya sih sudah tidak asing : housing sejuta umat. Namun dengan dibuat menjadi transparan, saya rasa ini menarik sekali. Saya pribadi lebih suka ide seperti ini daripada melapisi semua body dengan chrome seperti Tingo TG38s . Lubang keluarnya suara pun modelnya full merata di permukaan earbud, bukan pola melingkar mengelilingi bagian tengah yang tertutup. Desain seperti ini memungkinkan efek penggunaan donut sponge menjadi maksimal.

Sama seperti Dunu Trident, dasetn tidak memberikan indikator left dan right pada housingnya. Sebagai gantinya, digunakanlah indikator warna. Titik berwarna biru adalah left, dan titik merah adalah right. Lihat pada gambar untuk lebih jelasnya.
Jack sudah gold plated dan bentuknya straight, dengan profil ramping dan badannya terbuat dari karet, sehingga tidak licin layaknya Tingo TG38s
Build quality dan kenyamanan baik, standar housing sejuta umat lah yang rata-rata plastiknya solid dan sambungan housingnya rapi. Dipakainya agak-agak besar mengganjal tapi masih nyaman kok.
Saya suka sekali dengan bahan kabelnya. Tidak meninggalkan bekas tekukan ketika digulung, dan juga tidak "bouncy", sehingga kabel selalu terlihat rapi, apalagi diberi tambahan tulang ikan penggulung kabel. Ditambah lagi keberadaan shirt clip, semakin membuat MC5 ini nyaman digunakan.

Suara
Dasetn MC5 sudah melalui proses burn-in selama 100 jam.
Setup yang digunakan seperti biasa, laptop dengan DAC centrance dacport

General Character MC5 menurut subjektivitas saya :

Low
Kuantitasnya banyak alias bassnya besar namun bukan tipikal menghantam kuat menggelegar, dia tipikal tebal smooth. Baik midbass maupun lowbass sama-sama berisi, membawa efek low frequency terasa berbobot. Punch dan impactnya cukup oke, hentakannya agak kurang deep sih, tapi kontrolnya cukup baik tidak banyak yang meleber ke lower midrange. Speed medium, tidak lambat samasekali, hanya saja jika untuk musik yang banyak dobel pedalnya terdengar agak muffled.

Midrange
Disinilah kekuatan utama MC5. Midrange terdengar warm, smooth, dan tebal. Posisi vokal agak maju, presentasinya tebal berbobot dan intim. Claritynya bagus sekali, jernih dan lepas, dan tidak lupa no sibilance at all. Cocok sekali bagi Anda pecinta vokal. Lagu-lagu genre vokal terasa intim dan hidup.
Biasanya di earbud low end berkarakter very warm, saya sering merasa vokal kurang jernih.. Tidak dengan MC5 ini, dia begitu jernih, tebal, dan intim.

High
Alakadarnya saja, namun tidak mendem! Bedakan high mendem (muffled/blanketed) dengan high yang smooth dengan kuantitas sedikit. High masih terasa kok presensinya, hanya saja presentasinya smooth sekali, tidak sparkling dan kurang crisp. Namun dibandingkan dengan highnya dBe PR10 rev II, MC5 ini lebih baik, tidak berkesan tertutup atau kurang lepas layaknya PR10 rev II.

Separasi, Soundstage, dan Detail
MC5 tidak bisa banyak bicara di sisi ini. Separasi terasa biasa saja, cukupan saja. Sudah baik dalam menjabarkan tiap instrumen, namun terkadang masih ada yang bertumpuk dan kurang tegas.
Soundstage pun tidak luas, hanya sedang-sedang saja. Tidak terlalu impresif untuk sebuah earbud.
Detail biasa saja, banyak detail kecil yang hilang atau terasa seperti jauh sekali di belakang. Namun untuk kenikmatan bermusik sih sudah cukup.

Genre
MC5 cocok sekali bagi Anda penggemar vokal dan jazz, pokoknya bagi Anda yang suka midrange tebal dan intim.
MC5 kurang oke jika bertemu musik yang speednya cepat sekali, atau musik yang suara instrumennya kompleks dan ribet yang membutuhkan separasi dan detil yang oke.

Kesimpulan
Sekali lagi Dasetn menghadirkan earbud yang unik dan valuenya bagus. Kekuatan utamanya di low dan mid, dimana terasa tebal dan berbobot namun tetap mempertahankan kesan bersih dan jernih. Vokal paling mencuri perhatian, tebal, intim, dan agak forward, menyenangkan sekali bagi Anda pecinta vokal.
Segi kosmetik pun tercatat apik mulai dari desain transparannya, hingga kabel yang bahannya oke, tidak mudah kusut dan tidak meninggalkan bekas lipatan ketika digulung.

MC5 lemah dalam hal high, separasi, staging, dan detail. Earbud ini memang cocok untuk mendengarkan musik sambil bersantai, bukan untuk menganalisa musik.

Plus
+ desain transparan yang bagus dan kualitas coating kabel prima.
+ midrange dan vokal tebal dan intim, cocok bagi Anda penggemar vokal.
+ banyak aksesoris : shirt clip, 3 pasang sponge yang salahsatunya donut sponge, dan penggulung kabel tulang ikan

Minus
- Detail, separasi, dan soundstage biasa saja. Performanya di sisi ini kurang impresif.

Should I buy this one?
Jika Anda suka dengan karakter dark, you will love it

17 comments:

  1. Thank's bro reviewnya. Buat yang cari earbud ini bisa mampir ke lapak saya di kaskus. user togel22:
    http://goo.gl/bVr4WT

    ReplyDelete
  2. Hmm.. desain'y mantep plus impresinya jg bagus. Mau tanya kang, ada gk earbud alternatif lain yg bisa memperbaiki sisi minus earbud ini, tapi gak menghilangkan sisi keeunggulannya? Saya penggemar bass... tapi pengen soundstage, separasi, dan detailnya jg bagus. Kalo bisa yg hrga'y gak beda jauh sama ini

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Ada alternatif lain yg housingnya lebih enak dikuping? kayak'y h180 ini pnya diameter yg lumayan gede... tipikal basshead yg vokalnya sweet, gak tajem ke kuping

      Delete
  4. Om, bikin reviewnya musa sp1 dong, ane penasaran nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi ga ada duit om buat beli-beli barang lagi :p

      dulu udh pernah icip-icip doang sih

      Delete
  5. Mas minta rekomendasi earbud yang karakternya balance dan allrounder. Jika patokannya berdasarkan general character yang anda buat, saya ingin poin penilaian dan karakteristiknya rata-rata diangka 1 atau 2. Kira-kira ada tidak ya? paling tidak yang mendekati lah. Budget di bawah 300 ribu

    Mohon sarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kriterianya bass agak tight, cukup besar, mid dan vokal forward, high menuju bright with enough sparkling and crisp, dan suaranya clear... Cobain baldoor E100

      Delete
    2. Baldoor e100 ya, perlu audisi dulu tampaknya. Bukan masalah SQ, tapi housingnya itu lo yang rada anti mainstream takut tdk nyaman ditelinga saya. Selain itu ada pilihan lain? kalau ada, 2 earbud lain sebagai alternatif.

      Saya tahu kalau rentang harga segini sulit mencari yang seideal itu, paling tidak yang mendekati juga sudah syukur.

      Delete
    3. Musa SP1 paling, dibanding baldoor dia bassnya gak terlalu tight tapi lebih tebel. Highnya cenderung lembut dan gak bgtu banyak sparkling, tp bukan berati mendem.
      atau naikin budget ke 500k, langsung ambl blox m2c

      Delete
  6. Terima kasih mas

    ReplyDelete
  7. Om bikin review seahf dong yang 32 ohm.

    ReplyDelete
  8. Mirip ama PaiAudio FLAT (PR1) ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin iya, belum nyoba pai saya

      Delete
  9. Modal pengetahuan dr blog Kang Gobedh, ketika piston 3 rusak saya pake edifier 185. Bas cukup, treble kenceng and detail dapet, Sq yg oke utk harga segitu. Nah ga lama baca reply di atas ttg baldoor e100 "GOBEDH April 30, 2015 at 9:05 AM: berarti kriterianya bass agak tight, cukup besar, mid dan vokal forward, high menuju bright with enough sparkling and crisp, dan suaranya clear... Cobain baldoor E100", tertarik dan kebetulan ada di simfonia Rp250 rb, lebih murah drpd tempat lain (bukan iklan hehe). Kira2 20 jam pake .. suara megah progressive rock spt pink floyd dan asia terdengar enak. Deep bass, vocal, treble muncul dg pas, perkusi oke,lengkingan melody ga tertutup, separasi oke. Satisfied!!. Sekedar info, saya pake htc m7 (jadul)dan foam sy ganti dg keluaran dbe yg lebih tebel dr aslinya (Rp. 25 rb 3 pasang). Hatur nuhun Kang Gobedh infonya.

    ReplyDelete