08 July 2014

REVIEW KZ-OMX2 dualmembrane earbud


earbud dual-membrane?
Di IEM (In Ear Monitor) mungkin kita pernah mendengar istilah tersebut, beberapa orang mengatakan JVC pernah mengeluarkan teknologi yang sama untuk IEMnya. Namun untuk earbud? Saya rasa masih sangat-sangat jarang, dan KZ-OMX2 adalah salahsatunya.

Earbud ini menggunakan dua membran, membran utama 15,4mm sebagai main unit, penghasil utama suara, dan membran satunya 6mm sebagai airflow control.
Banderol earbud ini terbilang murah, hanya 39 yuan (kurs jual yuan sekitar Rp 1900). Namun di aliexpress dengan referensi harga dollarnya, IEM ini dijual $14,23. Nah salahsatu penjual lokal ada yang memasukkan Earbud ini dan menjualnya seharga Rp 125.000 (Juni 2014).
Seperti apakah performa earbud ini?

Fitur
- all metal housing
- 15,4mm main membrane, 6mm airflow membrane
- LC-OFC cable
Sangat menarik apa yang diberikan KZ-OMX2 di harga semurah ini. All metal housing tentu tidaklah semurah allplastic body, menjamin kekuatan dan keawetan. LC-OFC cable tentu gradenya lebih tinggi dibandingkan OFC cable yang banyak dipakai earbud seharga. Dan teknologi dualmembran tentu terbilang unik dibanding earbud seharga.

Paket Penjualan
Saya selalu suka packing kardus pada earphone murah, karena di mata saya meningkatkan "level keseriusan" dibanding hanya dibungkus plastik keras transparan. Lihat saja, earphone/headphone kelas jutaan mana yang packingnya menggunakan plastik keras transparan? Selain itu, packing kardus meningkatkan keamanan saat pengiriman.
KZ-OMX2 ini memenuhi keinginan saya, dibungkus dengan dus yang cukup besar berwarna hitam dengan ukuran cukup besar, dihiasi tulisan warna putih "g.k" dengan font seperti huruf sambung, membuat earbud ini terlihat berkelas. Malah packing ini lebih mirip packingnya parfum high-end dibandingkan packing earphone.
Ketika dibuka, muncullah earbud KZ-OMX tersimpan rapi dalam konstruksi plastik pengaman, plus dua pasang earbud sponge. Pabrikan terkenal mana coba yang memberikan dua pasang sponge pada earbud kisaran Rp 100.000? Hal kecil namun cukup berarti bagi saya, karena salahsatu bisa dijadikan donut sponge, dan lainnya tetap full sponge.

Design, Build Quality, Kenyamanan.
Bentuk utama KZ-OMX2 ini seperti stetoskop, lucu juga yah..
All metal body nya benar-benar meningkatkan level prestisiusnya untuk earbud yang hanya dihargai Rp 125.000. Finishing mengkilat hingga bisa memantulkan bayangan sangatlah menggoda dan menarik untuk dijadikan objek fotografi. Andai ukurannya lebih besar, mungkin bisa dipakai untuk bercermin.
 
Kombinasi warna yang ditawarkan pun cukup menarik. Silver mengkilat di housing, hitam doff di lubang suara, dan kabel merah layaknya headphone stylish merk "b" sebelah yang kerap digunakan artis papan atas sebagai teman jalan-jalan untuk dikalungkan di leher :D
~no offense~

Urusan build quality sudah jangan ditanya lagi : TOP. Terlihat "mahal" untuk earbud seharga ini, atau mungkin terlalu mahal. Sangat rigid dan kokoh.
Sayangnya ada sedikit ketidakrapihan di sambungan housing, bisa dilihat pada gambar di bawah. Potongannya agak tidak rata. Namun ini hanya terlihat ketika difoto dengan mode macro dengan jarak ke earbud 5 cm saja, kalau dipakai sehari-hari tentu tidak akan terlihat.
Oh ya, dibalik metal mesh ini bersembunyi membran kedua yang berukuran 6mm. Katanya sih sebagai airflow control dan meningkatkan respon bass.
Terakhir, jack sudah gold plated dengan bentuk L dan profilnya sangat ramping sehingga tidak akan menyulitkan Anda yang gemar memakai case tambahan pada gadget.
Kenyamanan? Enak-enak saja kok. Diameter earbudnya pas di telinga saya, tidak kebesaran. Hanya saja kalau tidak pakai sponge jadi mudah kehilangan seal, mungkin karena bobot housingnya yang lebih berat dari earbud lain yang seharga yang rata-rata bahannya plastik ringan.

Suara
Setup yang digunakan :
- Laptop lenovo G460 windows 8
- DAC centrance dacport
- Foobar2000 music player, ASIO out

Earbud sudah diburn-in lebih dari 100 jam.
Earbud ini memiliki empasis yang kuat di upper midrange sekitar 1,8kHz-3,5kHz, menjadikan karakter earbud ini unik dan sangat menonjolkan suara-suara gitar.
Mari kita bahas lebih mendalam

Low
Kuantitas bass sedang, tidak besar dan tidak kecil. Yang jelas bagi Anda pecinta bassheavy atau suka bass yang tebal berbodi, dipastikan akan kecewa karena akan terdengar agak tipis. Yang menarik adalah attack dan impact bassnya bagus, jadi meski secara kuantitas sedang-sedang saja, namun bass tetap terasa energik dengan pukulan yang berasa. Respon bass tidak terlalu deep, terasa tight dengan speed yang cepat, membuat KZ-OMX2 ini bisa diandalkan untuk musik-musik cepat semisal rock dan metal. Pukulan double pedal disajikan dengan baik tanpa ada kesan keteteran, batas gebukannya baik.

Mid
Sisi mid adalah yang paling mencuri perhatian. Bukan karena kualitasnya yang yahud, tapi karena keunikan karakternya. KZ-OMX2 ini benar-benar memboost upper midrange sekitar 1,8kHz-3,6kHz, yang kadang membuat suara menjadi kurang natural. Posisi vokal memang pas di tengah, open, agak tipis, dan sangat clear, namun terasa kurang natural terutama untuk vokal yang agak tinggi. Ujung atas vokal dan pengucapan huruf tertentu terutama "i", seperti agak-agak "metalik", terasa meninggi dan agak tajam. Begitupun dengan instrumen-instrumen lainnya, ambil contoh piano. Dentingannya seperti tidak rata, kadang seperti ada nada yang tiba-tiba meninggi dibanding nada lainnya. Yap, inilah kerugian dari overemphasized di upper midrange.

Nah, ternyata empasis ini juga memberi keuntungan, terutama bagi Anda yang gemar suara-suara gitar, baik gitar akustik maupun elektrik, karena suara-suara ini terdengar sangat maju dan clear sekali. Ketika nyetel depapepe, centrengan gitarnya berasa sekali tusukannya namun tidak menyakitkan. Untuk efek distorsi gitar semisal di rock atau metal pun demikian, terasa sangat maju dan jernih. Asyik sekali dan benar-benar menggairahkan bagi Anda pecinta rock/metal. Apalagi kebanyakan genre "cadas", vokalnya tidak terlalu tinggi melengking, jadi efek "tidak natural" seperti yang saya ungkapkan di paragraf sebelumnya tidak terasa samasekali.

High
Kuantitas high sendiri cukup banyak, jernih, airy, dan ekstensinya bagus. Tidak ada suara-suara tajam menyakitkan. Sparklingnya cukup, cass-cess nya berasa, ditambah dengan crisp simbal yang cukup oke meski tidak terlalu mendetail dan terkadang agak tipis. Presentasi high seperti ini memang idaman pecinta rock/metal, karena presensinya sangat terasa, tidak mendem, namun tidak terasa tajam.

Separasi, soundstage, detail
Separasi terbilang baik untuk harga segini, pemisahan antarinstrumen maupun antarfrekuensi bagus, tidak ada yang menumpuk. Soundstage kanan-kirinya berasa luas, kanan-kiri berasa jauh, sayangnya kedalamannya kurang sehingga kesannya 2D, hanya garis dari kiri ke kanan saja. Kesan menjauh/mendekat, dan dari atas ke bawah, agak kurang. Detail cukup baik, meski kerap tertimpa oleh suara lain akibat emphasized upper midrange, namun detail-detail kecil masih terdengar.

Genre
Bicara genre, KZ-OMX2 ini spesial di musik-musik yang mengandalkan gitar dan efek gitar, seperti akustik, rock, metal, dll
Selain genre di atas, jujur saja terasa kurang natural, bukan jelek juga, tapi terdengar agak "aneh", overcoloured.
Eh ada lagi, untuk mendengarkan siaran percakapan radio enak, suara penyiarnya jelas dan jernih sekali.

Kesimpulan
KZ-OMX2, sebuah earbud murah penuh keunikan luar-dalam. Menerapkan dual membrance technology yang masih jarang diterapkan pada sebuah earbud dan suara yang dihasilkan pun unik dengan emphasis di upper midrange yang membuat suara-suara gitar berasa maju sekali.
Sayang karakter seperti ini tidak untuk semua orang, kadang saya merasa agak kurang natural ketika menyetel musik selain akustik, rock, metal, dan genre lain yang banyak mengolah dan mempertontonkan efek gitar.

Setelah membaca review suara atau mungkin Anda sudah mendengarkannya sendiri, apakah Anda setuju kalau KZ-OMX2 ini saya bilang sebagai the real "grado"-nya earbud? Karakter seperti ini sangat mengingatkan saya terhadap grado SR80i, hanya saja tentu banyak segi teknis yang disunat mengingat harga yang hanya 1/10nya saja, seperti SR80i memiliki speed dan batas gebukan yang lebih baik, mid dan vokal yang juga coloured namun lebih nyaman didengar dan sweet, serta presentasi high yang mirip : sparkling crisp namun tidak setajam SR60i.

Plus
+ bahan housing full metal, rigid dan kokoh serta berasa mahal dan prestisius, tidak menggambarkan earbud Rp 125.000
+ unique sound, gitar berasa maju sekali, cocok untuk akustik, rock, metal

Minus
- Terasa kurang natural untuk genre selain akustik, rock, metal dan yang mirip-mirip. Paling terasa kurang natural ketika di genre vokal yang mengandalkan suara vokal tinggi. Anda yang menggemari suara natural untuk mendengarkan vokal, pop, classic, dan jazz, saya rasa Anda akan membenci KZ-OMX2
- tidak ada distributor resmi di Indonesia, harga sampai di Indonesia berkali-kali lipat dari harga asli di Tiongkok yang hanya 39 yuan

Should I buy this one?
KZ-OMX2 karakter suaranya sangat unik, emphasis yang kuat di upper midrange. Jika ada kesempatan untuk mencoba langsung, sebaiknya cobalah langsung, karena karakter seperti ini jarang  sekali ada, dan tidak mudah diterima semua orang.

12 comments:

  1. Thanks reviewnya, bro. Buat yang penasaran sama earbud KZ-OMX2 bisa kontak ke saya. kebetulan dulu saya yang jual ke masbro gobedh. Lapak saya di kaskus pake username togel22: http://goo.gl/bVr4WT

    ReplyDelete
  2. msh jarang nih yg masukin OMX2 :D

    ReplyDelete
  3. ni earbud
    kesan'y,,,
    angker juga ya,
    bisa buat gaya2an
    diangkot

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat gaya di angkot mah mending pake beats KW, lebih dilirik orang :)

      Delete
  4. Buat dngerin Burger Kill kira" suara distorsi gitar lstriknya nya bs bkin eargasm ga mas gobedh?
    Wahh... Kbetulan ni sya lg nyari cans yg khusus buat dngerin karakter Asli dari sebuah Gitar dan mempelajari teknik gitaris" Metal terbaik...
    Any idea?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya klo udh bawa bawa eargasm sih 100% balik ke kuping sendiri, wajib bgt coba langsung.

      klo suara asli sih gak jg yah, dia kolorasi, lbh ditujukan buat penikmat musik. Klo buat denger musik gitar2 emang khas bgt suaranya asik, karakter begini jarang bgt ada di earbud harganya.

      H185, jiushao E600, or blox m2c 1st batch IMHO lbh natural timbre gitarnya

      Delete
    2. Beli nya dmna mas? Saya mw cb nnti kl udh gajian , lmyn buat koleksi

      Delete
    3. Cek komen paling pertama (itu om taufan mudakir/togel22)
      Moga aja msh ada, soalnya karakter unik nyeleneh kayak gini pasarnya sempit, biasanya gak distok banyak

      Delete
  5. Kalau buat lagu macem alesana, bring me the horizon, slipknot cocok ga om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cocok klo suka presentasi gitar yg maju. klo ga suka yg demikian kadang terasa aneh suaranya

      Delete
  6. Kalo utk musik/lagu2 hip hop, pop, sm edm kaya lagunya alesso, calvin harris gitu yg cocok earbud apa ya kak?

    ReplyDelete
  7. Kalo utk sennheiser yg dibawah 500rb yg bagus apa ya utk lagu2 di atas? Utk earbud or iem boleh kak sarannya terima kasih

    ReplyDelete