30 January 2014

REVIEW Edifier H180 Earbud

Edifier.. Ada yang tidak kenal dengan merk ini? Merk yg biasa mejeng di toko-toko dan mall besar dalam bentuk speaker. Tidak banyak yang tahu kalau kini edifier sudah melebarkan bisnisnya ke kelas earbud, IEM, dan headphone.
Disini saya akan mereview salahsatu earbud edifier yang jadi favorit di kelas < RP 200.000, tepatnya Rp 125.000 : edifier H180
Apa sih yang spesial darinya?


Spesifikasi
- Headphone Sensitivity: 100dB
- Frequency response: 20Hz-20000Hz
- Impedance: 32ohm
- Maximum input power: 10mW
- Cord length: 1.2m
- Plug: 3.5mm stereo straight plug


Fitur
- Copper clad aluminum wire voice coil
- 5 -micron ultra-thin diaphragm, the sound reproduction in every detail
- Unique design of pilot hole, so the sound is more mellow and smooth
- Humanity tail pipe design, suitable ear, more comfortable wear
- Anodized laser engraving process, so that cooler more compelling headset


Box, Asesoris, Build Quality, Price

Box mika warna oranye-hitam menjadi ciri khas dari edifier H180. H180 sendiri ada 2 varian warna, hitam dan putih, Milik saya ini warna hitam. Tidak ada yang spesial dari paket bawaan, hanya ada earbud, kartu garansi, dan sepasang busa.[update] H180 terbaru packingnya dus putih polos, isinya tetap sama


Warna hitam glossy dipadu dengan lis silver membuat tampilannya elegan, tidak terkesan earbud sejuta umat.
Kabel sepanjang 1,2 meter bahannya kuat, agak kaku, dan permukaannya licin, tidak kesat seperti coating karet pada kabel earphone low end pada umumnya. Uniknya kabel ini tidak mudah kusut, saya kira pengaruh permukaan licin. Efek microphonic dirasa cukup terasa karena tidak adanya clip untuk dikaitkan di baju. Namun masih bisa ditoleransi, karena baru terasa mengganggu ketika kita melakukan gerakan ekstrim semisal olahraga.
Ukuran diameter earbud ini bisa dibilang agak besar, sehingga buat yang telinganya kecil mungkin agak kurang nyaman dipakai dalam waktu yang lama. Namun sejuah ini, ukuran segini masih nyaman untuk sebagian besar orang indonesia. Gunakan foam agar earbud tidak mudah lepas dari telinga ketika bergerak.

Suara
Inilah bagian terpenting dari sebuah earbud : kualitas suara.
H180 ini sudah diburn-in selama 100 jam lebih.

Quick impression :
Suara yang dihasilkan edifier H180 ini allrounder, bass yang besar, mid & vokal yang pas di tengah, serta high yang berkualitas dan tidak mendem, membuat semua musik bisa dilantunkan dengan nikmat.

Detail impression :
Bass terasa besar, salahsatu yang terbesar di kelas <200rb. Midbass terasa lebih besar dari lowbass, sehingga terasa kurang deep tapi pukulannya kuat. Gebukan midbassnya kuat dan cepat, membuat musik-musik cepat seperti metal tidak terasa kedodoran. Kontrol bassnya cukup baik, tidak banyak melebar ke frekuensi lainnya.

Mid disajikan dengan porsi yang tepat, tidak tebal dan tidak tipis. Vokal berasa di tengah, tidak maju dan tidak laidback. Penempatan posisinya tepat, sehingga tidak termakan oleh bass. Ada yang spesial disini, suara distorsi gitar elektrik dikolorasi sedemikian rupa sehingga terdengar maju dan kering genjrengannya, sehingga untuk mendengarkan musik rock dan musik cadas lainnya asyik sensasinya, menjadikannya terdengar agresif di musik keras. Solusi bagi Anda penggemar musik-musik keras tapi suka yang bassnya gede.

High terdengar biasa saja. Tidak jelek, namun tidak terasa spesial. Presensi high cukup banyak dan lepas, tidak tenggelam oleh bass. Ekor simbal terdengar pendek namun lepas dan lincah. Gemerincing detil kecil cukup baik, suara simbal real tidak berlebihan. High sedikitpun tidak terasa tajam, bahkan di volume tinggi sekalipun.

Separasi cukup, tidak spesial karena instrumen terasa tidak benar-benar lepas, sedikit lengket satu sama lain. Namun kita masih bisa mendengarkan dengan jelas suara-suara yang muncul dan mampu membedakan dengan mudah, untuk harga segini sih gak bisa minta lebih lah. Staging lebar, kita bisa merasakan posisi depan-kanan-kiri, sayang depthnya kurang sehingga imagingnya terasa 2D saja. Detil cukup, agak kurang untuk analytical listening, namun untuk mendengarkan musik cukup lah, semua detail yang dibutuhkan untuk bermusik terpenuhi.


Simpulan
Ditinjau dari segi teknis, H180 ini bisa dibilang biasa saja. Banyak earbud lain yang bassnya lebih deep dan punch. Banyak earbud lain yang highnya lebih lepas. Banyak earbud lain yang separasinya lebih terasa, banyak earbud lain yg menyajikan microdetail lebih baik, banyak earbud lain yang vokalnya lebih manis.
Namun, sangat jarang earbud di harga segini yang bisa membawakan 2 aliran musik yang bertolak belakang : EDM (electro dance music) dan agressive music (rock, metal, dll).
Biasanya earbud yg mantap utk EDM, terasa mendem di rock/metal, begitu pula sebaliknya earbud yg terasa gahar di rock/metal terasa kering dan tidak powerful di EDM
Karakter unik dan langka inilah yang membuat H180 dijuluki one of the true allrounder earbud <Rp 200.000, dan menjadikannya satu dari sedikit pilihan earbud ber-bass gede yang asyik untuk musik rock/metal.

~Yes, we talk about musicality, not technicality~

kelebihan
- genre bandwidth lebar, enak buat berbagai macam musik
- harga murah untuk kualitas yang disajikan

kekurangan
- segi teknis seperti detil, separasi, dan staging biasa saja. Serba cukup saja..

Rating : 9/10

128 comments:

  1. mantap gan,,,,
    emang harga segini
    yaaaa,,,mentok begini

    ReplyDelete
    Replies
    1. yo'i..
      dont expect too much
      Bagus sih bagus, tapi yaa bagus buat di kelas harga segini lah. Klo diadu sama yg harganya 5x lipat sih ketendang juga :D

      Delete
  2. gedean H180 dikiiit. Gak signifikan. Hhe
    Dipakenya di kuping gw enakan zune V2

    ReplyDelete
  3. Om, klu suara lebih clear mana h180 vs zunev2? Ama bassnya lebih punchy yg mana? Klu mau upgrade earbud 300k-500k ada recommend apa om? Cenderung basshead tapi pengin masih dapat detail ama treblenya. Thanks.

    ReplyDelete
    Replies
    1. clear H180 dikit
      Gak ada yg bener2 punch sih, gw jg bingung. Zune V2 tuh antara boomy dan punch, bisa juga dibilang punch plus bleber dikit, impactnya lbh empuk dari H180.
      H180 bass enggak terlalu deep, zune V2 msh lbh deep. Cenderung dangkal dan tight dg power impact yg besar dan speed cepat, meninggalkan zune V2.
      Baik zune v2 maupun H180 sama-sama sometimes bloated bassnya ke mid
      Klo suruh pilih mana, gw pilih H180 :D

      upgrade basshead earbud cobain PAA1-pro

      Delete
    2. Kalau upgrade ke PK3 kurang cocok ya om utk basshead? Biasa dengerin lagu hiphop model pitbull gitu.. Soalnya di kerehore ada yg bilang PK3 cocok juga ngebass gitu.

      Delete
    3. PK3 emang punya bass yang punch dan gak bisa dibilang tipis, tapi dibanding H180 sih jelas gedean dan nendangan H180. Kalau mau yg nendang juga, mending ke PAA1 pro

      Delete
    4. PAA pro udah d atas mereka bass na ibarat speker udah SPL wkwkwk cma aga susah detail mid d PAA pro
      apalagi kalo belum 200 jam d burn

      Delete
  4. Klo sama gr02be / pod 500 gmn om? Atau ada yg lbh mirip2 h180?
    Ada yg nyaranin upgrade ke 2 itu, ,
    Hehe, ,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling mirip GR02BE, tp paling mahal juga (400k +). Kedua termirip POD500 (200k+), cuman highnya lbh ngecring dia. Ada juga dBe PR18, gak mirip banget sih, tapi asyik kok itu.

      Delete
  5. Kalau kuping ente lebih milih mana bro
    H180 or H185?
    Btw, artikel audio ente disini manteb2 jelas & detail. tetapi ada beberapa bahasa audio yang belum ane pelajari seperti soundstage, Imagine, Separasi. mohon dijelasi juga ya om :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. H185, soalnya gw gak suka yg bassnya banyak :D

      singkat aja yah, klo mau yg lebih detil silakan cari di head-fi :D
      soundstage : kesan imajinasi ruangan yang diciptakan oleh earphone/headphone sebagai tempat berlangsungnya musik. Layaknya menonton panggung konser musik, ada lebar, tinggi, dan kedalaman (dekat/jauh)
      imaging : imajinasi tata letak instrumen di dalam soundstage
      separasi : pemisahan suara antarinstrumen/komponen dalam lagu

      Delete
    2. buat review baru om buat si h185 ;d

      Delete
    3. udah buanyak banget om review H185, pasti udh pada bosen :p

      Delete
    4. kayaknya om ngereview apa aja gak bosan2 deh.. asik bacanya..

      Delete
    5. thansk om, msh nubie gw..
      H185 udh banyak sih reviewnya, udh ga asik lagi. Lagi nyari barang yg baru. Hhe

      Delete
  6. om kalo mx170 ama h185 menang mana ya?? tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda jauh target marketnya, MX170 basshead, H185 balance to bright. Dan di pasar basshead pun gw prefer H180 daripada MX170 :p

      Delete
  7. mas kalo senhe mx80 ama yang ini bgusan mna? tlog bls,soal suka yg bassnya gede saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh jadi enak h180 dri pda mx80?

      Delete
    2. udah beda level. H180 levelnya di MX170. Sama MX170 saya msh lbh prefer H180 (pernah pake keduanya)

      Delete
  8. om kalo mau upgrade dr h180 ke mx 271 gimana om ato ada pilihan lain,mengutamakan bass n treble cring cezz,mksh om

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga
      selain itu cobain juga baldoor E100, pas banget itu klo suka bass masih nendang dan treble cring

      Delete
  9. om kalo sama Mx 475 gmn om ? all rounder juga gak ?

    ReplyDelete
  10. pernah pake mx 170 tapi lima bulan kemudian sebelah kirinya sudah mbleber alias bocor kalau misalnya upgrade yang kualitas lebih dari mx 170 tapi karakter sama saranin yang mana nih om soalnya sy suka bass yang nendang tapi jelas serta soundstagenya harus oke.

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca dulu review saya tentang Ve Zen dan Asura, terutama Zen, one of the best bass response in earbud world IMHO

      Delete
    2. Kualitas suara mx170 gimana gan?

      Delete
  11. gan mnta saran musa sp 1 apa baldoor e100? kan harga hampir sama. cari yg all rounder. atau ada rekomen earphone lainy. makasih gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua duanya allrounder, cuman musa SP1 lebih warm, smooth, dg bass lbh berbody dan bertekstur. E100 lebih forward agresif dg high lbh sparkling. Terserah suka mana

      Delete
  12. Gan mending paa1, h185 atau h180 yak? ane cari yg allrounder gan
    Mkasih gan hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua yg disebutin ente jg allrounder
      Klo lbh suka allrounder dg bass gede mending H180, atau PAA1 klo suka tipe gebukan bass lbh deep dan punchy. PAA1 vokal lbh laidback dan dry dari H180. High PAA1 lbh sparkling dan detil di high lbh nongol

      Klo suka allrounder tengah-tengah, warm enggak bright bgt jg enggak, bass sedang-sedang aja, high sparkling (di sebagian lagu terutama yg mastering jelek jd agak tajem), vokal agak forward, ambil H185

      Mau karakter tengah2 antara H180 dan H185, ambil jiusao E300

      Delete
    2. Kalau Upgrade dari H185 yang naik signifikan apa?
      Terimakasih.

      Delete
  13. Buat yang ga mau keluar banyak duit tapi kualitasnya lumayan oke, pas banget nih kayaknya. Tapi daya tahan gimana gan, tergantung pemakaian apa gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. apapun barangnya sudah pasti yg namanya ketahanan mah gimana pemakaian.. Mau earbud bahan paling top yg ada di bumi klo makenya sembarangan yaa rusak juga :D

      H180 secara build bagus kok gak ringkih

      Delete
  14. Nice review gan! Btw, ane mau minta pendapatnya donk, soalnya ane masih awam dengan beberapa istilah yg agan sebutin di atas.
    Intinya gini, ane nyari earphone yang OK buat denger lagu ballad, pop, sama lagu2 instrumental gitu. Menurut agan, earphone apa yg ok ya? (budget 100-200rb an).

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo masih awam soal kosakata audio, coba lirik kosakata di bagian newcomer guide :)

      Buat ente bisa ke edifier H185.. Bass sedang-sedang saja, mid dan vokal bening, high crisp
      Atau jiushao E600. Gw baru nyoba yg E300nya sih, tapi katanya E600 itu upgradenya E300, berarti dia msh really great allrounder dan masuk buat genre ente..

      Klo mau nambah 10rb, masuk dg genre2 di atas, dan suka bass yg tebal, ada musa SP1

      Delete
  15. Berarti jiushao e300 itu bass deep dan high nya crisp ?
    H185 dan jiushao itu high nya pedes gk om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiushao E300 highnya lbh halus dari H185 tapi tetep cring, H185 kadang agak sedikit kasar highnya dibanding E300
      Bass E300 lumayan deep, responnya terbilang tight. Jgn samain deep di IEM sama di earbud yah, jelas beda sensasinya :D

      Delete
  16. Bro ane sebelumnya make jimbon, asik emang kalok dibuat dengerin lagu lagu edm, tapi begitu ane ganti ke lagu yang akustikan, mendem suaranya kayak kurang plong, jadi pengen cari pendampingnya.. Mendingan mana ya? H185 atau ve monk, atau mungkin ada rekomendasi lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. H185 lbh bagus klo buat akustikan daripada monk, sedikit lbh clear. Monk buat akustik jg bagus-bagus aja (apalagi referensinya jimbon), kalah clear sama H185, tapi dia lbh fun, bass impactnya lbh oke, mid dan vokal lbh tebel.

      Delete
    2. Okee makasih banyak responnya om gobedh.. Kayanya mau nyobain ambil ve monk aja dulu, mumpun lg ada GB di WAKH. Kalok h185 kan masi banyak yg juaal. Hehe
      Om bikin review mh1 dong, penasaran sm ni iem, banyak yg rekomen, tp gatau alasan dibaliknya.
      Makasih om gobedh

      Delete
    3. di kerhor udh banyak yg review MH1 kok :p

      Delete
  17. Bro H180 ama phrodi M201 enakan mana? Saya suka suara yg kayak soner yg walkman itu suaranya, Bingung milih yg harganya dibawah 200k, maaf nuwbie bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang satu earbud, yg satu IEM, saya juga ikut bingung mau komentar apa klo beda bentuk gitu mah, gak comparable..
      klo mau IEM ala soner ya sony MH1

      Delete
  18. Kemarin udh beli mh750 dan ternyata palsu bang suara gk ada bassnya cuma tak buat tlpon aja, menurut abang phrodi M201 basshead gk bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. all phrodi family bisa dibilang masuk semua bagi penyuka bass sih.
      M201 bassnya gede, treblenya cring kadang tajam

      Delete
  19. min mau nanya tp agak keluar dr artikel,, penggunaan software seperti hear yang notabene pendongkrak kualitas sound apakah dapat merusak kualitas earphone sendiri??,, soalnya sudah 2 earphone yang aq pakai dengan software ini lama kelamaan kualitas soundnya menurun,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih enggak, selama dipakainya dg cara normal dan volume normal..
      Soal lama kelamaan kualitas menurun yaa barang yg dipakai dg jam terbang tinggi sih pasti menurun lama-lama :D

      Delete
  20. Edifier H180 VS Basic EB-12 bagus mana om??

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus di harga masing-masing :)
      Klo bisa dapet H180 yaa H180, klo mau save budget yaa basic EB12 udh oke punya

      Delete
  21. om, ane udah cocok banget ama karakter h185p (ada mic nya). enak banget buat dengerin akustik yg pake bas betot macem lagunya lake street dive.

    cuman sayangnya hilang om, jatuh entah dimana. rencana mo beli earbud lagi, tapi kalo beli barang yg sama rasanya gimanaa gitu. minta rekomendasinya om, earbud with mic yg karakternya mirip (detil & bass lembut), yg harga di bawah 400 rebu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. no idea gw klo earbud with mic mah

      Delete
    2. Om gobedh, sy pernah punya H185 tp udh dikasih ke temen. Mau cari yg sama / lebih bgus. Udh lihat2 review senn MX580 kok tertarik. Menurut om gobedh gmn nih kalau sy upgrade dr H185 ke MX 580? atau ada saran? (Sy cocok sama karakterny H185)
      Mksh om

      Delete
    3. gatau blm nyoba MX580
      klo mau yg lain sih mending blox m2c

      Delete
  22. IEM yg impresinya kaya gini diharga 200-300k apa nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. no idea.. mungkin PR18 bisa, meski tetep aja pasti beda sensasi IEM dg earbud mah

      Delete
  23. Belinya dimana... q di daerah bekasi utara... thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. di mall2 juga banyak. Di online shop apalagi. Gw bukan orang bekasi, jd gatau klo di sana beli di mana :D

      Delete
  24. Om gobedh ane mau up dr edi h185 krn kegedeann dikuping ane nih kira2 Yuin pk3 Worth gag yag karakter all rounder dan bass cukupan dah kek edi h185 ☺

    ReplyDelete
  25. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain edifier H185, sekitar 150 rb
      Klo mau mepet paling jiushao E300, 100rb an itu

      Delete
    2. Kalau Upgrade dari H185 yang naik signifikan apa?
      Terimakasih.

      Delete
  26. Thanks reviewnya om Gobedh...
    Baru pertama kali maen kesini langsung dapet ilmu baru.
    Kebetulan saya penikmat musik metal yang sangat mengidamkan earphone (bud) yang "ngebass" tapi bassnya nggak "kendor" n berantakan. Biar pas dengerin Slipknot, Korn, dan kawan2 bisa menggelegar tapi pas dengerin yang lebih brutal lagi kaya death metal sound-nya juga nggak berantakan. Kalo nyimak review diatas sih udah mantep banget nih. Atau om Gobedh ada alternativ bud lain yang lebih oke buat saya di harga <200k?

    Saya mantan setia HPM-64 Bass Replek. Udah bosen karna kurang awet menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. No..
      klo mau paling nambah ke baldoor E300

      Delete
    2. Oke... Makasih banyak om Gobedh... Saya langsung hunting earphone ini hahaha..

      Delete
  27. kalo Soundstage h 185 ama mx 170 luasan mana, dan ukuran Drivernya gedean mana Gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Luasan H185
      Ukuran driver coba cek spek masing-masing aja gan :)

      Delete
  28. Tanya ni bang ane newbie ni..h180 kalau di compare ma basic eb12 bagusan mana bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. H180 lbh gesit buat musik cepet/brutal, EB12 vokalnya lbh enak. High H180 lbh cring tp kadang lbh kasar, EB12 gak terlalu cring tapi lbh halus. H180 terkadang terdengar lbh bersih di bbrp lagu (terutama akustik). Terserah suka yg mana

      Delete
  29. Gan pernah nyoba earphone htc yg di BL harga 79.900?saat ini ane pake basic eb12 puas sih tp brasa ada yg kurang.ada yg nyaranin earphone htc ntu ktnya lbh empuk.tp ga tau jg bnr ato ga.

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. gan ane mau tanya pernah nyoba philips SHE3015 gg ? ane mau tanya perbandingannya sama edifier h180 dan 185
    ane bingung mau beli earbuds apa di kisaran 100-200an....

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah blm pernah ya :"))
      btw ada saran gg gan ,earbud yg kira2 separasi & soundstagenya lumayan & bisa buat banyak genre ?
      note: budget 100-200an hehehehe....

      Delete
    2. ve monk
      edifier H185 (bass ga segede monk, separasi lbh rapi)
      Jiushao E600 (separasi bagus, balance, bass kuranglebih ke H185, harga diatas 200 dikit)

      Delete
  32. Kalo buat kuping sya yang agak mini ini heheheh bisa fit gak H180 ini?

    ReplyDelete
  33. Mas boleh tanyak gk ?h180 bisa gk di pake utk smartfren andromax-c ,mohon responnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa
      yg bikin susah compatible itu klo yg ada mic nya, klo ga ada mic nya mah masuk masuk aja

      Delete
  34. Bang, kalo H180 dibandingin sama :
    1. VE Monk,
    2. Basic EB12, dan
    3. Edifier H101
    bagusan mana ya bang, gua typical basshead tapi suka dengerin lagu" pop\accoustic juga..
    Thanks sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. H180 sih klo basshead mah
      Paling great allrounder ya monk
      EB12 better vocal and smooth than all, tp less dynamic terutama klo dibanding sama monk

      Delete
    2. Ok, sip.
      Jadi menurut bang gobedh, lebih worth it H180 apa Monk?
      Thanks sebelumnya.

      Delete
    3. Yaa tergantung kebutuhan om..
      Pertimbangean2nya udh gw sebutin, tinggal mana yg sekiranya paling memenuhi keriteria

      Delete
  35. jiushao e600 sama edifier h185p bagusan mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. overall SQ E600 lbh refine dari H185, cuman klo buat musik cepet msh lbh dapet H185

      Delete
  36. om bray.....
    kalo head to head antara Philips SHE2550 vs Edifier H180 , which one yg menurut lo better???
    THX om

    ReplyDelete
  37. Malam om, biasa pake iem, accidentely skrg pake h185, cuman fitting ga pas, kira2 ada tips n trick ga nih ngakalin fitting? Makasih sebelum nya.

    ReplyDelete
  38. Om gobed pernah coba Vido vs philips she 3800, lebih nendang mana bass nya

    ReplyDelete
  39. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  40. bang kalo dr h180 ganti ke musa sp1 atau baldoor e100 naik signifikan ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. naik
      signifikan or ngga ya tergantung kuping ente. Klo nanya ke kuping gw sih naik signifikan.

      600k klo mau basshead kayak H180 apa yah.. Paling klo msh ada PAA1 pro. Ato Ve Asura beta
      Klo mau more balance mending nambah dikit buat tomahawk

      Delete
  41. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  42. Bang kalo jiushao e300 vs edifier h185 prefer mana? + keunggulannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekalian komparasinya Ve Monk & Cowon EX2 bang

      Delete
    2. E300 lbh fun dan punya bass body, H185 lbh wide dan sparkling treble

      Monk lbh tebel di low and mid, better dynamic and texture. EX2 unggul dikit di microdetail

      Delete
  43. H185 highnya ga sampai nusuk kuping bgt kan bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bantu jawab, nusuk ngga nya tergantung kualitas rekamannya kaya nya, soal nya selama ini pake, kadang ada lagu yg nusuk ada yg pas, ada yg juga kurang, jd menurut saya tergantung kualitas rekaman 😊

      Delete
  44. Om kebetulan sekarang lagi pake h180 pengen nyari separasi, detil, soundstage, vokal ok bass yg cukup. Kira2 h185 masuk kriteria itu ga ya? Ato ada yg lain budget <200k

    ReplyDelete
  45. kalo di compare ama vido, philips she3800 bass nya menang mana nih?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo di compare ama dbe hf10, aigo t92 gitu menang siapa untuk basshead?

      Delete
    2. T92 better di midbass, vido better di lowbass

      Delete
  46. Gan minta saran klo untuk yg lagu r&b ma rock sejenis LP enak ngambil edifier h180, h185 atau sennheiser mx 170...?
    Atau agan pnya saran lain buat harga d bawah 300k

    ReplyDelete
  47. Bang, kalau h180 sama sabia v4 buat edm genre trap enakan mana?

    ReplyDelete
  48. bang mau nannya nihh, antara H180 dan H185, itu lebihh prefer kemana yaa..? saya suka Genre Musik Jedag - Jedug seperti EDM.. atau ada seri Edifier yg lain, yg cocok dgn genre tersebut...??

    ReplyDelete
  49. Gan kalo edifier H180 samaa sennheiser mx400ii mending mana?

    ReplyDelete
  50. kalo compare an vido vs edifier h180 buat musik genre EDM, metal, Rock mending pilih mana?

    ReplyDelete
  51. Bang, ada saran buat earbud yang ada mic+tombolnya di kisaran harga 100-200rb?? Saya sempat liat h180p tapi kayaknya gak ada tombolnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. h180p ada mic dan tombolnya, tapi bukan tombol volume ya. Cuma tombol call answer aja. Ini ane baru beli.

      Delete
  52. Gan...ane kan make mx 375, suara oke seh..
    Karena housing gede bget...jd kurg nyaman di kuping, kira2 klo pindah ke h180...worth gag?
    Atau sabia v4?
    Atau toneking t16

    ReplyDelete
  53. Kalo sama senn mx400 ii gimana gan karakter nya. Klo unt allrounder mending mana?

    ReplyDelete
  54. Edi H185p mantap gan.. Allround dan rapi.. Puas banget gan..

    ReplyDelete
  55. Edi h180 emg mantap diajak musik edm oke banget. Akustikan juga lumayan sesuai harga

    ReplyDelete
  56. Edifier h180 vs jbl t110 bgs mn bos bassnya klo allrounder

    ReplyDelete
  57. Edifier h180 vs vjjb k4s mnding mana klo buat basshead

    ReplyDelete