30 December 2014

REVIEW Basic M90

Basic striker again!!
Terimakasih pada pihak Basic Indonesia melalui mas Anton Tan yang sudah mengirimkan sample unit Basic M90 ini untuk direview


Setelah meramaikan pasar DAP (Digital/Dedicated Audio Player) entry level melalui Basic K3, kini Basic mencoba merambah pasar penikmat audio yang lebih serius melalui Basic M90.

DAP yang rencananya akan dipasarkan dikisaran Rp 550.000 ini merupakan DAP yang sama dengan Kogan/Ritmix. Kogan/Ritmix sempat nge-hype di forum luar negri, karena katanya sound qualitynya bagus namun harganya sangat miring. Benarkah? Bagaimana dengan performa Basic M90 ini?

Ringkasan Spesifikasi
- Slim and lightweight design
- Memory internal 8GB
- support microSD, tested pakai 32GB dan 64GB, semuanya class 10, semuanya lancar
- layar warna 2,4"
- support file : MP3, FLAC, WAV, M4A (M4A yang lossy, bukan ALAC), APE (file lainnya belum dicoba)
- support lirik (lrc)

Paket Penjualan
Gambar credits to Alan Gustian @introgadget
Isi paket penjualan :
1. unit m90
2. kabel data
3. IEM Basic IE900
4. charger
5. pouch
6. manual book
IEM (In Ear Monitor) bawaannya adalah Basic IE900, rebrand dari Phrodi POD500 namun tanpa mic. Saya bandingkan dengan POD500, suaranya sama kok. Harga IEMnya sendiri Rp 200.000. Paket yang cukup menggiurkan.

Desain dan Build Quality
Tampak depan Basic M90 cukup elegan, bagian depan warna hitam glossy ditemani bezel samping berwarna coklat tua yang akan terlihat seperti hitam di tempat gelap. Bagian hitam glossy ini sangat fingerprint magnet. Terdapat layar berwarna berdiagonal 2,4 inchi, diukur menggunakan penggaris. Hahaha
Di bawah layat terdapat tombol navigasi bulat, ditemani tombol back dan options di sisinya.
Di samping hanya terdapat tombol power ON/OFF. Di bawah terdapat port mini USB, slot microSD, dan jack 3,5mm. Eh, di mana tombol volume, biasanya DAP memiliki tombol volume khusus? Tombol volumenya menyatu dengan tombol navigasi, sedikit menyebalkan. Akan dibahas di bagian navigasi.
Bagian terbaik dari Basic M90 adalah belakang, mirip iPhone 3G, namun lubang kameranya besar. Bagian belakang ini terbuat dari plastik yang dibungkus oleh lapisan kesat, sehingga tidak licin ketika digenggam.
Basic M90 ini ukurannya cukup nyaman digenggam, seperti handphone-handphone medio 2008-an, dengan ketebalan 1 cm.
 
Build qualiy Basic M90 lumayan juga. Meski bobotnya ringan sekali, namun plastiknya terasa padat. Finishingnya pun rapi, tidak ada celah menganga dan tidak ada bagian yang ringkih/terasa goyang-goyang. Bagian mengecewakan sih di tombol-tombolnya yang keras dan bagian muka yang sangat fingerprint magnet.

Layar, Interface, Navigasi, dan Konektivitas
Kualitas layar cukup payah untuk ukuran gadget 2014/2015. Memang sih warna yang tertampil cerah, dilihat di bawah sinar matahari langsung pun masih cukup jelas, namun viewing anglenya sangat buruk. Jika dilihat dari samping, warna langsung pudar. Namun mengingat harga, yaa bisa dimaklumi lah. 

Basic memberikan firmware buatannya sendiri ke Basic M90 ini, sehingga tampilannya berbeda dengan Kogan dkk. Interface responsif, tidak lemot ketika buka menu. Tampilan menunya lumayan keren. Pilihan bahasanya banyak, bahasa Indonesia pun ada.

Total terdapat 12 menu : music, video, photo, recorder, camera, video recorder, FM radio, eBook, Game, Tool, File Navigator, dan Setting. Berikut contoh tampilannya.
Butuh sedikit pembiasaan dengan navigasinya, karena tombol atas/bawah adalah tombol volume. Di system UI manapun, tetap menjadi tombol volume. Untuk bergerak atas/bawah menggunakan tombol kiri/kanan.
Yang menyebalkan, tombol kanan selalu diartikan scroll ke bawah, dan kiri adalah scroll ke atas. Jika UI berganti menjadi landscape, pada kamera misalnya, tetap akan seperti itu. Kadang agak bingung ketika landscape, tekan tombol atas namun di layar malah scroll ke bawah. Hahaha. Untungnya hal tersebut hanya berlaku di system UI, pada game tidak berlaku. Pada game tombolnya menjadi 4 arah biasa.

Bagian yang cukup menyebalkan lainnya adalah navigasi menggunakan tombol-tombolnya. Tombolnya keras dan "cetak-cetek" ketika ditekan.

Konektivitas lalu lintas data hanya menggunakan kabel data, tidak ada konektivitas nirkabel. Transfer data sangat mudah dan cepat, hanya tinggal drag n drop tanpa software khusus. Ketika colok ke komputer, terdapat tiga pilihan mode : power and data, power and play, dan power only.

Fitur
Basic M90 membawa banyak sekali fitur, layaknya sebuah multimedia player. Saya spoiler saja yah, bagi yang ingin baca silakan buka, bagi yang hanya ingin fokus ke musik, langsung lanjut saja ke bawah.

Fitur:
1. Kamera
Basic M90 membekali kamera dengan resolusi maksimal 3,2mp. Terdapat beberapa opsi pengaturan tambahan, diantaranya : white balance, brightness, exposure, dan special effect
Sayangnya, saya melihat kamera ini fake 3,2mp. Terlihat seperti manipulasi digital, seperti diperbesar secara digital sehingga resolusi menjadi 3,2mp padahal hasil kamera murninya lebih kecil.
Kualitas kamera sendiri kurang baik, terlihat kurang fokus, tekstur dan detilnya jelek, dan juga sering overexposure.
Dibawah adalah hasil kamera basic M90 . Klik link ini untuk gambar lainnya agar lebih jelas


2. Video Recorder
Video direkam ke dalam format avi, resolusinya QVGA (320x240) 4:3. Frameratenya berkisar di 22 fps, lumayan lah tidak patah-patah banget seperti handphone kamera jadul yang berkisar di 15fps. Merekam 15 detik video menghabiskan 2MB space memory. Pengaturan dan efek tambahannya sama dengan yang ada di kamera foto.
Hasil rekaman videonya lebih baik dari foto. Warna lebih tajam, meski tetap lack of details and texture. Overall, tetap kurang bisa diandalkan untuk merekam video, apalagi jika standar yang digunakan adalah standar 2014/2015 yang minimal HD 30fps. Merekan dengan video ini seperti balik lagi ke zaman bokep 3GP. Hahaha
Berikut contoh screenshoot full 240x320 video
Klik di sini untuk download contoh videonya (2,3mb)

3. FM Radio
Kualitas radionya cukup baik, terdengar jenih, tidak ada masalah dalam sensitivitas, stasiun radio mudah tertangkap. Tentu saja kabel sebagai antena sangat mempengaruhi kualitas suara. Gunakan autosearch untuk mencari siaran radio, dan kita bisa simpan hinggal 30 channel. Sayangnya tidak bisa direname sesuai keinginan. Gak ada keyboard buat ngetiknya. Hahaha
Oh ya, siaran radio bisa kita rekam juga. Kualitas rekamannya baik, sama seperti mendengarkan langsung siaran radionya. Terdapat tiga pilihan kualitas rekaman (low, med, high), dan lima pilihan gain recording (1-5). Default gainnya di 3.

Beberapa bugs yang ditemui :
1. Misal kita sudah save 30 channel hasil autosearch, sebenarnya yang tersimpan itu 15. Loh kok? Misal channel 1 itu radio X 99,3 MHz
Nah channel 2 nya itu tetep radio X 99,3 (5) MHz
Channel 3 baru stasiun radio yang tertangkap selanjutnya, yaitu radio Y 98,0 MHz
Channel 4 nya tetep radio Y 98.0 (5) MHz
Channel 5 baru radio berikutnya.
Wasting space!

2. Jika kita melakukan aksi terhadap radio, misal kita pindah ke channel berikutnya yang telah tersimpan, atau kita hapus suatu channel, maka radio akan dead silent, gak keluar suara. Untuk menyalakannya kembali, tekan option > mute, kemudian sekali lagi tekan option > play, baru muncul suaranya lagi.

4. eBook
Saya memasukkan tiga format, txt, pdf, dan doc, yang terbaca hanya txt. Maaf saya tidak punya format lainnya


5. Games
Basic M90 bisa memainkan format NES, SFC, GBD, MD. Sudah pre-installed dua game NES, yaitu tank dan tetris. Kabar baiknya, kini tombol navigasi 4 arahnya benar-benar sebagai tombol navigasi atas-bawah-kiri-kanan, bukan atas/bawah=volume dan kanan/kiri=naik/turun layaknya di system UI


6. Sound Recorder
Format rekaman bisa WAV atau MP3, dengan pilihan record gain 1-5 (defaultnya 3). Hasil rekamannya lumayan, cukup bersih dan detil. Dibandingkan dengan hasil rekamannya samsung galaxy S2 sih basic M90 masih kalah yah, hasil rekaman galaxy S2 msh lebih bertekstur dan depth lebih terasa. Kesan jarak lebih gamblang.

7. Tool
Calculator. Sedikit gak berguna, karena makenya males. Selain karena bukan touchscreen dan tidak ada tombol alfanumerik, semua dikacaukan oleh apalagi kalau bukan navigasinya. hanya bisa kanan/kiri sampai kita menemukan tombol kalkulator yang ingin dipencet, atas bawah tidak berfungsi karena kembali menjadi tombol volume. Wasting time, dihitung manual pake otak kayaknya lebih cepat
Calendar. Kalender penunjuk tanggal standar aja. Gak ada hari libur kalender indonesia, sesuatu yang paling dicari. Hahaha
Stopwatch. Selain stopwatch standar, ada juga lap mode
PC camera

8. File navigator
Inilah "windows explorer"nya basic M90, dan bisa menunaikan tugasnya dengan baik! Bisa copy, paste, delete, dan multiselect. Bisa membuka gambar/musik dan file lainnya langsung dari sini.



Musik
Berikut alat perang yang digunakan dalam review ini
Source component pembanding : centrance dacport, samsung galaxy S2, Kogan
Cans : Basic IE900, moxpad X6, Baldoor earbud, ATH IM-02
Ampli : GSH

Sorting lagu cukup lengkap, bisa all music, artist, album, genre, dan juga berdasarkan folder penyimpanan. Tak lupa, kita pun bisa membuat playlist sendiri. Sayangnya library tidak mengupdate file dari microSD, hanya dari internal memorynya saja (akan diupdate bila ketemu caranya). Kalau mau buka file yang tersimpan di microSD, harus masuk ke menu dir list.
File support cukup banyak, MP3, FLAC, WAV, M4A (M4A yang AAC bisa, klo ALAC gak bisa), APE dan sisanya belum saya coba.
Tampilan music player cukup keren, albumart tertampil mini dan ada visualisasi graphic equalizer dibawahnya. Ada menu lyric, ditest menggunakan file lrc bisa tertampil sempurna

Terdapat beberapa preset equalizer, namun tidak bisa custom equalizer. Set EQ ke normal saja, menurut saya sudah paling oke suaranya,
Play mode bisa shuffle, shuffle+repeat, repeat one, repeat all, dan sequence. Namun tidak bisa gapless playback. Akan saya update bila sudah ketemu trik/caranya.

Ada sedikit noise ketika kita jalan-jalan di menu musik dan ketika akan play lagu. Katanya sih Basic M90nya lagi baca memory, menimbulkan noise seperti itu. Pada Kogan pun demikian, jd hal ini bisa dibilang normal. Tidak mengganggu kecuali kitanya lebay atau sengaja dicari.

Pada unit yang saya bahkan terdengar hiss plus noise-noise kecil di background ketika memutar lagu. Namun ketika ditanya ke dua orang pengguna M90 lainnya, mereka tidak mengalami hal yang sama. Katanya ketika musik sudah berjalan, hiss dan noise tidak terdengar. Berarti hanya pada unit saya saja. Syukurlah, saya kira semua unit seperti itu.

Langsung saja kita colok earphone ke jacknya Basic M90..
Kesan pertama saya nyetel musik dengan Basic M90 ini adalah....
Untuk DAP Rp 550.000 suaranya terbilang bersih dan jernih. Tiap tone yang keluar, tiap bunyi-bunyian instrumen yang didendangkan, semua terasa bersih dan jernih. Detilnya pun oke banget, microdetail mudah terdengar, detil-detil tiap instrumen nongol semua. Separasi pun terbilang oke, suara tidak bertumpuk, semua saling lepas. Cakep bener buat DAP yang harga barunya segini.

Kesan kedua adalah, soundstagenya garis doang, imagingnya kurang bagus. Kalau dibilang lebar sih iya terasa lebar, namun kesannya seperti dari kuping kiri ke kuping kanan saja. Imagingnya kurang oke, kesan jarak jauh/dekat kurang terasa. Bahasa kerennya, imagingnya 2D banget.

Kesan ketiga adalah, cenderung datar (kurang dinamis).
**datar disini bukan datar respon frekuensi yah, tapi datar karena kurang dinamis**
Kadang-kadang saya jadi agak bosan nih, kurang semangat suaranya.

Soal warna suara, Basic M90 ini nuansanya secara keseluruhan agak bright.
High nya crisp, kadang terdengar agak tajam, tp gak sampe level mengganggu kok. High tidak terasa buntung, suara-suara gemerincing di high terasa jernih dan detailed.
Midrange dan vokal mengedepankan presentasi jernih dan detil, bukan sweet dan intim. Vokal agak forward dan beningggg, namun menurut saya agak kering, cenderung datar, dan kurang emosional. Sibilance pun kerap muncul menghiasi vokal, meski tidak sampai mengganggu banget. Instrumen-instrumen yang kebetulan numpang main di midrange seperti gitar akustik dan dentingan piano terasa jernih dan detil, hanya saja terkesan datar, kurang dinamis.
Bass Basic M90 ini sedang-sedang saja kuantitasnya. Terasa kurang deep, low bassnya kurang berimpact, dan kurang nge-punch. Bagi Anda pecinta bass nendang sampai sub bass yang geter-geter, Basic M90 ini mungkin mengecewakan Anda. Presentasi bass M90 ini cenderung tight, buat nyetel musik metal dan sejenisnya yang butuh speed cepat, bassnya tidak terasa keteteran. Bassnya bersih dan memiliki kontrol yang baik, tidak bleberan kemana-mana. Good enough, Andai saja low bassnya lebih berimpact lagi, bakal seru nih.

Saatnya coba menggunakan amplifier. Colok langsung ke GSH, hasilnya jadi enak. M90 yang asalnya kering dan kurang dinamis, sekarang jauh lebih sweet, vokal lebih berasa emosinya. Terasa lebih dinamis juga dibandingkan direct langsung ke headphone out M90 yang terasa datar. High jadi lebih kalem, namun cringnya tetap dapet. Depthnya lebih terasa, meski untuk selera saya tetap masih kurang.

Baterai
Untuk memutar file WAV dan FLAC, Basic M90 ini tahan 8 jam. Pemakaian 70% layar mati sambil memutar musik, 30% layar menyala buat oprek-oprek dan ganti lagu. IEM yang digunakan basic IE900, volume level 14 dari 31.
[UPDATE] Test dengan pemakaian 100% musik saja tanpa oprek-oprek, file WAV/FLAC, layar hampir selalu mati, tercatat ketahanan batrenya 12 jam 25 menit
Charging timenya kurang dari satu setengah jam, menggunakan kepala charger 5V 1A.

Bugs dan Beberapa Hal Menyebalkan Lainnya
Hal ini mungkin tidak terjadi di semua unit, tapi setidaknya sudah lebih dari satu unit mengalaminya (di unit saya dan keluhan dari pengguna lainnya)
1. Sebagian kecil tag lagu, terutama file WAV, tidak terupdate ke library, sehingga masuk ke "unknown artist". Padahal di player lainnya terbaca
2. Music library hanya update dari memory internal saja, lagu di microSD tidak masuk ke library
3. noise/hiss saat di menu musik, terutama saat pindah-pindah lagu. Diluar menu musik tidak ada
4. firmware belum 100% stabil (akan diupdate oleh pihak Basic)

Tips and Trick Bagi Pengguna Basic M90
Berikut beberapa tips, trick, tutorial, problem solving, dsb tentang basic M90. Akan diupdate seiring pertanyaan yang masuk mengenai penggunaan Basic M90
tips and trick:
Problem 1 : Basic M90 suka mati sendiri kalau dibiarkan lama tanpa aktivitas dalam kondisi ON, tidak bisa hidup lagi meski sudah pencet tombol sana-sini. Harus direstart kalau mau nyala lagi
By default, idle timenya Basic M90 itu 5 menit. Itu yang membuat M90 kalau didiamkan lama suka mati sendiri, dan anehnya tidak mau hidup lagi meski sudah pencet tombol-tombol.
Agar tidak terjadi seperti itu, masuk ke Settings > power saving > idle time. Ubah idle time menjadi OFF
Jangan lupa, setelah mengubah setting, tekan dan tahan tombol OK (tombol tengah) sampai M90 mati, kemudian tekan+tahan lagi tombol OK sampai menyala. Cara ini harus dilaukan untuk menyimpang settingan yang kita ubah

Problem 2 : Basic M90 suka ngerestart sendiri
Untuk restart ini, ternyata tidak ada hubungan dengan firmware. Ini terjadi karena saklar on off nya kurang connect. Cara mengatasinya sederhana sekali, cukup switch digerakkan on-off secara cepat 20 - 30x

Tips 1 : M90 lemot dan suka restart randomly ketila browse microSD
Biasakan jangan mengisi microSD sampai penuh, idealnya 75%-80%. Kalau memang suka mengisi sampai penuh apalagi microSDnya 32GB ke atas, pakailah microSD dengan kemampuan read/writenya tinggi, disarankan minimal class 6. Saya pakai microSD class 10 sudah sangat baik.
MicroSD terisi 50%, class 10, tapi masih lemot dan restart randomly?
Jangan terlalu cepat dalam navigasi, sabarlah. Ingatlah ini produk entry level tapi dijejali banyak fitur. Jika Anda beli DAP 10 juta tapi lemot sekali, baru silakan protes :D

Tutorial 1 : menampilkan lirik di M90
1. cari file lrc dari lagu yang ingin Anda lihat liriknya. Gunakan aplikasi pencari dan penampil lirik seperti minilyric (PC),  AndLyric (Android) agar Anda mendapatkan lirik yang timingnya sesuai.
2. Masukkan file lrc ke folder yang sama dengan lagu yang ingin diputar di M90. Nama file lagu dan lirik harus sama, kalau belum silakan rename
3. Masuk ke menu Music. Tekan options > display mode > lyric
4. Lirik Anda akan tertampil di bawah Albumart



Update Firmware
Untuk menyelesaikan bugs dan permasalahan sistem lainnya, Basic memberikan firmware update pada pengguna Basic M90. So, bagi pengguna M90, silakan coba update firmwarenya ke yang paling baru, dan jangan lupa selalu berikan masukan pada Basic untuk update berikutnya
Update Firmware:
Siapkan dulu bahan-bahan untuk update firmware, yaitu file firmware (*.fw) dan software product tool
Update 25 Matret 2015
- fixed generating playlist stuck

Langkah update :
1. Install Product Tool ver 5.46
2. Setelah selesai, restart computer anda
3. Jalankan Batch Tool
4. Import Firmware, dan pilih file firmware, lalu klik Replace
5. GESER POSISI SAKLAR KE OFF - COLOK KABEL USB KE PLAYER*
(a) Pada saat player terdetect, Windows akan mendeteksi hardware baru, harap di arahkan ke : c:\program files\media player product tool 5.46\Driver
(b) Bila install driver failed, harap masuk ke device manager, cari unknown device lalu update driver, sampai terdetect Action HS Chipset
(c) Bila windows tidak mendetect hardware baru, lompat dulu ke langkah nomor 7
6. Found total 2 USB device : 2 disk , 0 ADFU
7. Klik Download - tunggu sampai selesai
8. Bila status belum succeed ulangi langkah dari nomor 5 sampai succeed
9. Sesudah succeed, tutup program batch tool, cabut kabel USB
10. GESER POSISI SAKLAR KE ON, Generate playlist, tunggu. Lalu tekan play lama untuk off. Setelah masuk ke menu, anda langsung dapat colok lagi kabel USB (posisi saklar on) untuk mulai transfer lagu

Catatan :
1. Saat anda mengcopy lagu ke dalam player, harap posisi player selalu posisi ON, karena saat kabel dicabut, player akan otomatis generate play list, untuk membuat menyusun library.
2. MATIKAN player dengan cara TEKAN TOMBOL PLAY LAMA DULU, JANGAN LANGSUNG SAKLAR SWITCH ON OFF, agar library ter-save. Untuk berikutnya player tidak akan "generate playlist" lagi, sampai bila anda mengisi atau merubah isi lagu lagi. Selain itu juga posisi lagu terakhir juga terekam.
2. Saat mencabut kabel dari USB pastikan lakukan "safe remove hardware"
3. Untuk pengisian lagu, jangan sekaligus banyak, diisi per 2 GB saja secara bertahap.

Kesimpulan
Sebagai sebuah proper DAP, dalam artian DAP yang memiliki tombol navigasi memadai dan layar informatif untuk membantu memilih lagu, Basic M90 saya rasa worth to buy. Basic M90 ini cocok bagi Anda yang suka karakter bright.
Basic M90 memberikan suara yang bersih dan detil, very nice untuk sebuah DAP entry level. Untuk ukuran IEM bawaan DAP, IE900 bisa dibilang sudah bagus kualitasnya, meski orang-orang yang lebih serius tentu lebih memilih IEM favoritnya masing-masing.

Kekurangan utamanya menurut saya sih suara datar, kurang dinamis, agak kering, dan imaging yang 2D. Penggunaan amplifier mungkin akan menambal kekurangan tersebut, silakan bereksperimen sendiri cari sinergi yang pas

Extra features? Ah overrated menurut saya. Toh kualitas kamera, video, game, dkk nya juga tidak bagus menurut saya.

Plus :
- suara bersih dan detil
- ada layar warna yang cukup besar, fasilitas pemutar musik lumayan lengkap, bisa menampilkan Albumart dan lirik
- banyak fitur tambahan yg sialnya gak optimal juga sih
- IEM bawaan lumayan, Basic IE900 alias rebrand dari phrodi POD500. Kalau gak suka tinggal jual/lelang aja

Minus :
- tombol navigasi keras, navigasi menu pada awalnya bikin tanggung. Butuh pembiasaan
- suara datar (kurang dinamis) , agak kering, imaging 2D
- firmware kurang stabil (akan diupdate oleh Basic)

129 comments:

  1. bisa dibilang analitikal ya om ? sampe ngrasa datar gitu. oia duel ma nano gen 4 gimana om ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. datar disini bukan datar respon frekuensi, tapi datar enggak dinamis. nano 4 gen overall lbh smooth, high gak sebright ini

      Delete
    2. om basic k3 vs ipod shuffle gmana ? review dikit dong buat ipod shuffle, btw NICE SHARE :)

      Delete
    3. ini lapak m90 loh, K3 disebelah :p
      SQ sih iPod shuffle kemana-mana yah IMHO, mau generasi pertama ataupun terakhir

      Delete
  2. penyuka bass kayanya gak cocok ma ini ya gan klo derek....?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bisa dibilang begitu. Low bassnya kurang punch, impact low bass kurang nendang. Butuh ampli yg ngeboost bass, misal fiio E06, E11k, dkk

      Delete
  3. Kalo di pair im50 cocok ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dengan cans yg warm, should be OK :)

      Delete
  4. Replies
    1. Si om yg di FB kerhor yah :D

      1. cari file lrc nya
      2. masukin ke folder yg sama dg file musik yg bersangkutan, rename dg nama yg sama dg file yg bersangkutan (copas aja filenamenya biar bener-bener sama)
      3. di music player M90 teken options > display > lyric
      Klo sukses, lirik gak bad timing, pasti muncul

      Delete
  5. 0m. M90..sya.sering restart knp ya? Ada solusi om

    ReplyDelete
    Replies
    1. - jangan navigasi terlalu cepat, terutama saat akses dir list
      - usahakan memory terisi max 75% kapasitas
      - kurang-kurangi file yg gak disupport atau file yg tidak bisa dibaca. M90 emang pilih-pilih lagu, beberapa lagu yg harusnya support tapi ada yg gak kebaca. Hapus-hapusin file yg begitu..

      dan yg terakhir......
      sabar aja yah, yg gw juga kadang begitu. Gak terlalu sering juga sih, tp tidak jarang terjadi juga :D

      Delete
  6. Wah cans-nya ada baldoor e100. Boleh dong impresi ringkasnya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. balance from low to high, good clarity, vokal cukup sweet, instrumen nyemprot ke depan, fitting gak enak gampang bgt lepas

      Delete
  7. ini beli di mana gan kisaran harganya brapa ? di mall bandung saya belum liat yang bginian

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang belum launching, katanya pertengahan-akhri januari

      Delete
  8. om, versi basic ini bisa play all music ga? soalnya sempet ngincipin yg kogan, gabisa. harus by folder gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. M90 bisa all music
      cuman seperti di review, dia gak ngupdate file yg ada di microSD. Klo file yg ada di microSD tetep harus by folder

      Delete
  9. jadi minat buat beli ni DAP, berhubung clip zip ane udah diwariskan ke nyokap (nyokap demen SQnya ternyata :p)

    kalo dipair sama proone gimana yak om? berhubung cuma ini satu-satunya cans ane yang tersisa :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw sih kurang suka yah dipair sama pro one, jadi cenderung kering dan not my cup of tea aja

      Delete
  10. kok si m90 gak dikasih skor angka 1-10 om gobedh?
    oiya kira2 dap yg worthy rival utk m90 di rentang harga yg sama kurang atau lebih dikit kira2 apa ya om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw mulai di review-review terbaru ga akan ngasih skor lagi, karena bakal ribet ngupdatenya di masa depan :D

      DAP pesaing paling deket yaa sansa clip. Naik lagi ada hippo biscuit

      Delete
  11. lg nyari dap yg imagingnya bagus tp mayan kere ini. kira2 di range harga segini udah maksimal ga om? atau ada yg lebih bagusan lg?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seperti yg sudah saya jabarkan dalam review ini, imaging IMHO salahsatu titik lemah M90
      Yg murah minimal sandisk sansa clip rockbox yg udh lumayan berasa imagingnya..
      Klo buat kuping gw pribadi sih biscuit yah minimal :p

      Delete
  12. Masbro ini udah kluar dipasaran blm ya? outlet resmi basic tau gak dimana dijakarta? Hhee thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. cek aja web basicnya, ada kok list outlet basic..
      di bandung udah ada tuh M90, di borma setiabudi

      Delete
  13. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  14. wah, terima kasih review nya kak. saya tadinya mau beli basic M90, terus baca reviewnya kak Gobedh katanya sering mati sendiri kalau play music. Kalau untuk play rekaman kuliah begitu juga gak kak?

    hatur nuhun kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukankah di atas sudah ada solusinya kalau suka mati sendiri? :D
      Buat semua kegiatan sih emang begitu, baik itu musik ataupun non musik, namun masalah selesai ketika kita sudah setting idle time nya

      Delete
  15. sorry kelupaan kak, sama play time berapa lama. Nuhunss

    ReplyDelete
    Replies
    1. detail berapa lama sudah saya jelaskan looh di bagian baterai, ada dua kondisi pengetesan. Silakan dibaca lagi :)

      Delete
  16. Kalo M90 vs Samdisk Slim. Bagus mna bos?

    ReplyDelete
  17. dipair sama musa sp1
    uenak ndak?

    ReplyDelete
  18. gan, basic m90 vs teclast x30se vs idealist s1813 kualitas suaranya bgus mn gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. idealist belum nyoba
      X30SE slighty better imaging, M90 better details dan lbh bening

      Delete
  19. Saya tertarik m90 ini mas, tp tlg minta pendapatnya, klo dgn range hrg 400-500an yg bisa masuk pertimbangan DAP apa aja ya mas? Makasih

    ReplyDelete
  20. mas, kalo DAP ini dibandingkan sama EPRO E-M 4 Touch Screen ( http://www.vpgonlinestore.com/showproduct.php?kd=20110811140510266604 ) ini bagaimana mas? cos saya dah setaun ini punya ne DAP, jadi ada gambarannya bagaimana kualitas suaranya dengan earphone bawaan

    ReplyDelete
  21. sekalian mas mo tanya, pake portabel ampli itu maksudnya gimana c?

    ReplyDelete
    Replies
    1. portable ampli itu amplifier headphone yg punya batre di dalamnya, jadi bisa dibawa-bawa karena pasokan listriknya dari batre.. dari M90 colok ke ampli, bisa ningkatin sound quality tergantung dari kualitas amplinya

      Delete
  22. MH90 sama RUIZU X02 atau X10 bagus mending mana gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda presentasi, ruizu itu cenderung ke warm dan smooth, easy listening. M90 lebih ke detailed dan agak bright. Terserah lebih suka yang mana

      Delete
  23. Kalo dicombine sama basic IE-88 bagus ga mas suaranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus, M90 klo colok ke IEM yg bassnya gede rada-rada bleber kayak IE88 hasilnya bass jadi lebih rapi dan terkontrol. Lowbass jd sedikit berkurang (emang karakter M90 gitu), tapi gw pribadi gak masalah, masih tetep banyak kok bassnya

      Delete
    2. Minat nih sama DAP ini, tapi bingung nyari IEM yang warm buat nih basic. Kira2 klo IE-88 dibandingin sma IE-70 HD bagus mana menurut mas?
      Thx sebelumnya

      Delete
    3. IE88 lebih ngebass dari IE70, IE70 ngebass jg tp lbh balance dibanding IE88. Terserah suka yg mana

      Delete
  24. Kira2 IEM yang cocok untuk ngelengkapin kekurangan dari suara M90 ini apa gan?
    Bisa kasih piliannya gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo mau ngelengkapin kekurangan mah mending colok ke GSH dah, impresi udah ada di atas..
      IEM mah sesuain sama selera ente lah

      Klo nyari IEM yg mayan asyik ke M90, cari yg warm, gak terlalu kering, dan highnya enggak hars.. Misalnya soundmagic E10, carbo basso, GR02 BE.. Itu di kuping gw jadi enak

      Delete
    2. Kalo kayak IEM Phrodi POD007 itu gmna menurut agan?

      Delete
    3. Lah bawaannya M90 kan POD500 alias IE900HD. Meski beda karakter (POD500 treblenya jauh lebih cring dari POD007), tapi overall sih upgrade POD007 di hampir semua sisi :p

      So, IMHO gak worth klo ambil POD007

      Delete
  25. klo nonton video,format apa aja yg support dan gmn menurut agan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang pernah saya test hanya AVI yg bisa jalan, itupun resolusi kecil, paling 240x320, klo resolusi besar gak bisa.
      Sangat gak recommended buat player video, apalagi klo standar yg digunakan standar masa kini yg minimal harus bisa play 720p

      Delete
  26. barusan pesen ini. baru tau kalo file lagu di micro sd cuma bisa di play manual...

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang itu yg menyebalkan dari M90. Seperti yg udh saya tulis di review, librarynya hanya mengupdate file dari internal memory, file yg di microSD gak masuk library :(
      Dan sepertinya Basic enggak tertarik memberikan update firmware agar library M90 bisa mengupdate file yg ada di microSD juga

      Delete
  27. Sama basic k3 worth to buy mana om menurut ente? hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah beda jauh SQnya sama K3 mah. Dua-duanya bagus di harganya masing-masing

      Delete
  28. hello, saya ingin tanya apakah Basic M90 ada bulit in speakernya?
    trimakasih..

    ReplyDelete
  29. sejak upgrade firmware nya malah suka restart sendiri, frekuensinya sering banget apalagi klo baru di nyalain. ada solusinya ga?
    buat firmwarenya cari dimana yah? saya googling ga ketemu

    ReplyDelete
    Replies
    1. solusinya yaa hubungi basic :)
      Gw gak tau firmware ada di web oficial basic ato enggak soalnya belum nyari kesana, tapi klo ente join grup FB kerhor, firmware M90 ada di doc di sana, yg buat anton tan

      Delete
  30. Gan basic m90 vs gogear aria menurut ente enakan mana ya? bingung nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut gw? Gw sih gak akan ambil keduanya yah..
      Mendingan nambah 200 rebu buat xduo X2 atau sansa clip zip (rockboxed).. Serius.. Cari sekennya lbh bagus lagi..
      Musikalitas dapet, teknikality bagus (buat harganya), gak ada yg aneh-aneh di UI dan firmware, suport file bagus..

      klo cuman mau antara M90 ato GGA, itu sih tergantung, Pengen dukungan file banyak dg karakter suara yg agak kering dan detailed silakan ambil M90. Klo gak suka suara cenderung kering dan pengen lbh musikal, dukungan file dikit, ambil GGA

      Delete
  31. Wah tapi gga bukannya memang didesain buat melawan ipod nano ya. Nah, apakah berarti M90 memang sekelas dengan GGA atau malah iPod nano juga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih dulu GGA gembar-gembornya emang didesain buat lawan ipod nano 4 dan 5, dg harga yg lbh murah tentunya.. Tapi keliatan buanget kan siapa yg akhirnya terkapar tak berdaya alias failed? :D

      M90 dan GGA IMHO satu level sih, beda presentasi aja. Klo gak suka suara 2D kering ya mending GGA jgn ambil M90, klo suka detil kecil dan pengen muter file flac, aac, dsb yaa jgn ambil GGA yg suport filenya dikit bgt, ambillah M90..

      Lawan seimbang nano baik dari segi fitur, UI, dan SQ adalah cowon i9.. Ini emang bener-bener lawan seimbang ipod nano pada masanya

      Delete
  32. kalo ini dibandingin sama Ruizu X02 gmn om?DAPnya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. ruizu lbh warm, M90 lbh bright dan dry

      Delete
  33. Om, mau tanya..
    Kmrn aku br dpt m90nya, trus ngopi lagu ke internal memory nya, abis itu dia generating playlist ga selesai selesai, sampe bar yg muternya ga gerak sm sekali..
    Gmn caranya supaya selesai ya om?
    Soalnya udh dr semalem kaya gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba kurangi lagu yg diisi jgn sekaligus lgsg banyak, trus matiin&nyalain lagi. Klo msh kyk gitu mending konsultasi ke basicnya langsung aja

      Delete
  34. om, M90 ini kalo derek ke HU mobil mnrt om bagaimana impresinya? tentu tergantung system, cm cukup kuatkah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak main audio mobil gw, dan blm pernah nyoba ke HU
      Secara power sih M90 standar DAP masa kini lah, gak kecil gak badak. Klo ente pake handphone colo ke HU dan kuat, harusnya M90 jg kuat

      Delete
  35. Om, kalau upgrade Ipod Nano kemana?
    Yang dimiliki Edifier H185, Xiaomi In-ear Headphone - Generasi 3, Takstar TS671

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau ngobrol2 diluar topik post tolong diemail/pm kaskus aja yah om, biar rapi :)
      Ya tergantung budgetnya brp dulu, dan itu ipod nano gen brp?

      Delete
  36. Kalau dibandingin sama galaxy s2, suara output nya gimana ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. M90 lbh kering dan lbh bagus detilnya. S2 lbh warm dan lbh bagus lownya. Klo udh pake smartphone flagship/mantan flagship sejak tahun 2010an, gw sih gak menyarankan ambil DAP entry level under sejuta yah klo tujuannya upgrade, kecuali tujuannya sidegrade

      Delete
    2. M90 lbh kering dan lbh bagus detilnya. S2 lbh warm dan lbh bagus lownya. Klo udh pake smartphone flagship/mantan flagship sejak tahun 2010an, gw sih gak menyarankan ambil DAP entry level under sejuta yah klo tujuannya upgrade, kecuali tujuannya sidegrade

      Delete
  37. Kalo dicolok kan pake iem soundmagic e30 bagus ga gan?

    ReplyDelete
  38. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari we kang ubek2 BEC.. Nu jelas aya mah di borma setiabudi (mun ga kehabisan stok)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  39. kl buat pasangan ath m20x + fiio e11k bagus ga kang? atau ada rekomendasi lain ga.. biasanya saya pake sony z ultra buat audio playernya, mau beli audio player terpisah, biar ga keganggu sms, bbm dll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw bilang sih klo udh pake z ultra mau ganti DAP, mending kelas colorflt C3 ke atas yah..

      Delete
    2. menurut akang. colorfly C3, fiio x1, cowon i9+, ipod nano 7th kl dikasih peringkat satu sampe empat dari segi kualitas suaranya, peringkat satu yang mana ya???

      Delete
    3. SQ klo direct di kuping gw :
      Colorfly C3 > cowon i9 = nano 7th > fiio X1

      Karakter (makin kanan makin warm)
      Colorfly C3 > nano 7th > cowon i9 = fiio X1

      Potensi /scalability akibat ampli
      Fiio X1 >>> colorfly c3, iPod nano 7th, cowon i9

      Delete
  40. Mas,klo DAP under 500k rekomen apa ya? Ruizu x02 vs samdisk slim enakan mana? Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending nunggu basic MDX50 (550rb) keluar bentar lagi
      klo ga mau nunggu ya paling X02.. Klo nemu teclast X30SE boleh jg

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
    3. Teclast x30se vs ruizu x02 enakan mana mas? Atau beda karakter?

      Delete
    4. X30SE gak sewarm ruizu, detil lbh bagus, lebih rapi, barang lbh susah

      Delete
  41. permisi mas, untuk update firmware nya itu beneran asli dari pihak merekanya buka yaa...?
    saya nyari2 di website2 lain gak nemu2...
    (takutnya malah buatan orang2 yg iseng)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu dari basicnya, dari om anton tan langsung (klo join FB kerhor pasti tau siapa dia)

      Delete
  42. Replies
    1. warm...
      nothing interresting except sport gimmicks

      Delete
  43. Basic m90 + Senn px100II gimana bro?

    ReplyDelete
  44. gatau blm nyoba, harusnya oke oke aja

    ReplyDelete
  45. bro, kalau antara BASIC M90 - RUIZU X02 - TECLAST X30SE lebih pilih mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo suka detil dan kering ambil M90. Klo suka yg lbh fun ambil X30SE.

      Delete
  46. Gan, kalo misal udah stuck di generating playlistnya gimana nyelesainnya? gak kedetect sama sekali di komputer

    ReplyDelete
    Replies
    1. email pihak basicnya aja mas :)

      Delete
    2. sama bro...basic m90 ane juga stuck di generating plyalist habis copy lagu...
      asem...belum juga ada sebulan pakai...
      Klo ada solusi...share di sini ya bro...ane juga bakal share di sini kalau nemu solusinya...thanks...

      Delete
    3. yap, baru dapet info dari basic kalo itu masalahnya terjadi karena ada lagu yang cover artnya resolusinya ngelebihi 1k x 1k pixel dan player kita bisa dibenerin kalau dikirim ke service centernya di bandung

      Delete
    4. wah...saya kirim email ke cs nya yang ada di website playbasicasia kok belum dapat balasan yah ahaha......
      kira kira kalau untuk samarinda ada ga ya mas service centernya...thanks...

      Delete
  47. Om mo tanya..M90 punya gw kl di cash panas bgt padahal baru sebentar. Trus gw baru pake bentaran (kurang dari 1 jam) batrenya udh tinggal 1 bar dari 4. Punya solusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo troubleshooting mah mending tanya lgsg ke pihak basicnya om, gw mah kurang paham

      Delete
  48. ini Basic m90 gue kok sering restart sendiri ya? padahal cuman 10 lagu, terus kalau ngerestart, restartnya berulang2 nggak bisa berhenti, aneh, dah coba ngebuat tips buat ngefix, tetep aja kejadian, terus kalau pas di charge baterenya kadang2 ngerestart sendiri lagi devicenya dan ngk mau keisi baterenya

    kayaknya rusak banget ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan ketika dan kuformat ulang, nggak ada lagunyapun suka restart2 sendiri

      Delete
    2. urusan troubleshooting mah lgsg lapor aja ke pihak basic om, gw gak ahli beginian :)

      Delete
  49. mohon advis Om Gobedh. saya pake htc m7, bgmn jika pindah ke basic 90, ada peningkatan sq ga ya? ato ganti pake apa ya yg terjangkau? xduoo x2 kah atau apa? terima kasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau udh pake smartpone high end gw sih kurang menyarankan yah ambil DAP dibawah sejuta, kecuali emang suka bgt sama tipikal suaranya, ato mau ngehemat batre HPnya

      Delete
  50. Gan ane pake lumia 640xl mau misahin dap sama hp jadi ga muluk muluk, nah kalo ada budget max 1 jt mending ambil fiio m3,xduoo x2, 2nd colorfly c3 atau 2nd x1? Yg karakternya netral & bagus buat vokalan trus yg navigasi nya enak( soalnya biar gampang pakenya pas bawa motor) thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. mending 2nd xduoo x3 kemana mana drpd semua yg ente sebutin di atas

      Delete
  51. Mas bro, di perangkat basic M90 saya ko setelah saya konek ke speaker buat denger radio & puter musik tiba-tiba ada garis gitu dilayarnya, awalnya cuman satu garis, tapi ga lama jadi muncul empat sekaligus. Kira2 kenapa ya? Atau mungkin ada solusi supaya garisnya hilang. Pemakaian selama ini ga pernah jatuh atau berbenturan.

    Mohon bantuannya

    Terima Kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ga ilang2 mending garansiin.. layar tuh klo ga karena kena listrik jelek (pake charger jelek or charge di tempat yg listriknya jelek), yaa emang defect product

      Delete
  52. Minta saran Bang, buat pemula mending ngambil nano gen 3 (second), xduoo x2, atau fiio m3 Bang? Secara harga kan sekelas tuh :) trimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
  53. halo om, mau nanya kalo basic m88 dibanding ruizu x02 mending mana?
    terimakasih

    ReplyDelete
  54. Halo Bang, mau tanya tempat service basic online dimana ya? lcd ane retak soalny

    ReplyDelete
    Replies
    1. ke webnya aja http://www.playbasic.asia/contact-us/

      ato klo yg lbh cepet biasanya di medsosnya

      Delete
  55. Om kl mw upgrade sq dari fiio Q1 apa ya, minta saran DAP yg under 3jt? Trmksh

    ReplyDelete
  56. Om barangkali tau firmware basic m-88, mau upgrade ke versi terbarunya

    ReplyDelete
  57. Kalo diantara xduoo x2, ruizu x02, sama sansa clip pilih yg mana bro?

    ReplyDelete