01 June 2014

REVIEW tube 12AU7 : GE 1950 D getter horsehoe vs electroharmonix vs telefunken smooth plate

Kayaknya lapak ini diedit aja ah, jadi impresi beberapa tube. Hehehe
Setelah sebelumnya saya akrab dengan tube GE 1960 horsehoe dan electroharmonix, sekarang datang lagi tube telefunken smooth plate.
Kiri : GE 1950 horsehoe, kanan electroharmonix

Edit : Setelah bertanya ke orang yg lebih berpengalaman plus sumber lainnya, GE yg sama pakai adalah GE mid 1950 D getter gray plate, bukan GE 1960

Telefunken smooth plate

Noise
Bicara tube maka jangan lupakan noise, karena sejauh ini saya belum menemukan tube yang bisa 100% deadsilent seperti ampli solidstate.
Noise yang ditimbulkan GE horsehoe lebih besar cukup signifikan dibanding electroharmonix maupun telefunken smooth plate, saat idle terdengar dengungan dan noise-noise lain yang cukup kuat namun tidak sampai mengganggu kalau lagu sudah berputar. Sangat terdengar ketika jeda antarlagu saat didengarkan di kondisi sunyi.
Electroharmonix memberikan noise yang sangat sedikit, hampir tidak terdengar jika tidak sengaja dicari-cari.
Sementara telefunken berada di tengah-tengah, noisenya lebih besar dari electroharmonix namun lebih kecil dari GE, dan hanya terdengar jika volume ampli melewati jarum jam 10.

Low
GE horsehoe memberi low yang tebal dan berbobot, tekstur bagus, signifikan bila dibanding colok dacport langsung. GE horsehoe juga memberi bass yang paling cepat dan lincah dibanding kontestan tube lainnya.
Telefunken tipikal bassnya mirip dengan GE horsehoe, body bass mirip, hanya dia tidak selincah GE horsehoe alias cenderung agak lambat. Impactnya kalah tipis dibanding GE.
Di lain sisi electroharmonix beda sendiri, lownya tidak tebal. Bassnya paling tight dan clean dibanding GE maupun telefunken. Namun bassnya tidak selincah GE, meski masih lebih lincah dari telefunken.

Mid dan vokal
Vokal pada GE horsehoe terdengar warm, forward dan tebal. Vokal pada Electroharmonix terdengar agak plain, masih add warmness khas tube pada vokal bila dibanding dacport namun terasa kurang gregetnya bila dibandingkan dengan GE. Keunggulan Electroharmonix, midrange dan vokal terasa lebih "open" dan "bersih" dibanding GE yang kadang seperti "tertahan"

Loh di mana telefunken smooth plate? Bisa dibilang telefunken smooth plate adalah gabungan dari keduanya. Vokal forward, tebal banget (lebih tebal dari GE), supersweet dibanding semua tube yang dipertandingkan tanpa meninggalkan kesan "terhatan" seperti GE horsehoe. Pertama colok telefunken smooth plate, langsung terasa sekali vokal yang jauh lebih tebal dan liquid dibanding Electroharmonix maupun GE. Telefunken smooth plate juga memberi background yang lebih hening, suara-suara instrumen terasa lebih jelas.

High
GE memberi high yang cenderung smooth, tidak begitu sparkling maupun crisp. Highnya telefunken smooth plate adalah GE horsehoe versi lebih detail dan sparkling.
High Electroharmonix terasa paling extend, crisp, dan sparkling dibanding dua lawannya. Namun Electroharmonix cenderung kurang berbobot, terutama di suara-suara simbal yang kurang bertekstur

Separasi
GE horsehoe dan Telefunken smooth plate memberikan separasi yang apik, di tengah soundsignaturenya yang warm terdengar pemisahan instrumen yang sangat rapi dan tidak menumpuk.
EH juga memberikan separsi yang sama apiknya, namun sedikit kurang rapi bila dibandingkan dengan GE ataupun telefunken.

Soundstage
Bicara lebar, yang terasa paling lebar adalah Electroharmonix, diikuti telefunken smooth plate, dan terakhir GE horsehoe. Bicara depth, paling bagus adalah telefunken smooth plate, diikuti GE dan terakhir Electroharmonix.
Secara keseluruhan, Telefunken smooth plate memberi soundstage yang paling bagus, berimbang antara width dan depth, sehingga memberi imajinasi ruangan yang lebih baik.

Detail
GE horsehoe dan Telefunken smooth plate memiliki detail yang oke, baik itu di low, mid, ataupun high. Electroharmonix sedikit dibawah keduanya, namun tidak signifikan.

Kesimpulan
Electroharmonix memiliki soundsig yang paling berbeda, tidak terlalu melow dan tebal seperti dua tube lainnya. Dibanding keluaran dari dacport, bisa dibilang Electroharmonix hanya sedikit menambah warmth pada vokal. Cocok bagi Anda yang ingin sedikit sensasi "tubey" namun tidak ingin terlalu melow

GE horsehoe memiliki soundsig yang warm and smooth, good bass impact dan detail. Vokal lumayan tebal dan sweet. High cenderung smooth dan kurang sparkling

Telefunken memberikan karakter vokal yang sangat tebal dan sangat sweet, background yang hening, high punya cukup sparkling, dan bass yang tebal plus kurang lincah

Posisi GE horsehoe menjadi sedikit terjepit kali ini, karena pendamba karakter sweet, tebal, dan melow saya rasa telefunken smooth plate jauh lebih baik. Dan pendamba karakter tube yang flat, bersih, dan tidak terlalu melow saya rasa akan beralih ke Electroharmonix

2 comments:

  1. bro tube amp rusak
    minta rekomendasi tukang servis dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry kurang tau gw tukang servis tube amp. paling cari toko audio terutama yg suka main speaker "serius", biasanya pada pake tube buat di amp/pre-amp

      Delete