15 March 2014

REVIEW dBe NS77, Underrated Speaker

dBe..
Sebuah merk lokal yang perlahan tapi pasti diakui kualitasnya di jajaran gadget audio.
Produknya beragam, mulai dari earbud, IEM, headphone, amplifier, DAC, portable speaker, hingga multimedia speaker.
Tonggak keberhasilan dbe pertama kali adalah di jajaran IEMnya : PR18 dan PR20 yang begitu menyita perhatian, serta speaker dBe SP88 yang sudah discontinue namun hingga kini masih diburu bahkan dibeli dengan harga yang lebih mahal dari aslinya, karena kualitasnya yang luar biasa.
Sayang memang, dBe tidak 100% membuat produknya sendiri, namun kebanyakan pesan dari china,direbrand, dan dimodifikasi.
Kali ini muncul dBe NS77, speaker 2.0 USB powered. Dihargai 180rb di tahun 2014, membuatnya masuk jajaran speaker murah meriah. Apakah kualitasnya juga meriah?

Spesifikasi
Output power : 3,5Wx2
Speaker unit : 2" 4 Ohm
THD : 10% @ 1kHz
Frequency response : 96Hz-20kHz
SNR : >86dB
Sensitivity : 600mV
Power : USB 5V 1A
Weight : 0,9kg

Packing
dBe membungkus speakernya dengan sangat rapi, dus putih dengan aksen khas dBe, di dalamnya banyak busa yang melindungi speaker dari goncangan dan benturan. Sangat aman buat kirim-kirim.
Setelah dibuka, muncul 2 buat speaker terbungkus plastik, lengkap dengan kartu garansi dBe 1 tahun.



Desain dan Build Quality
Desain NS77 "gaming" banget, perawakan besar dengan bentuk sudut ala berlian, mencerminkan gairah muda nan energik. Body depan hitam glossy, dan belakang hitam doff. Grill depan berwarna silver, terbuat dari semacam plastik elastis namun kuat, yang sayangnya dilem dengan tidak rapi. Yap, belakangan ketahuan Quality Control dBe menurun, banyak yang protes dapat barang yang tidak rapi, salahsatunya saya.


Terlihat bukan pada gambar pertama, lem grill nya tidak rapi? Bagian sisinya menganga. Bandingankan dengan gambar dibawahnya, speaker yang satunya terlihat rapi.

Bagian sisi, terdapat passive bass port. Dia bukan speaker, hanya seperti membran pasif untuk resonansi, sehingga teorinya bass lebih mantap

Bagian belakang, terdapat volume kontrol mini dan jack 3,5mm, seperti gambar dibawah
Volume kontrol cuman garis kecil yang ada rodanya saja, posisinya dibelakang pula, sangat merepotkan. Saya selalu set 75% saja, sisanya kontrol dari laptop.

Ada yang ketinggalan? Ya, dimana tombol ON-OFF? Jawabannya ketinggalan di pabrik :D
NS77 tidak ada tombol ON-OFF, yang artinya speaker nyala terus! Solusinya adalah ketika tidak dipakai, volume di nol kan. Eh, volume kontrolnya kan dibelakang, ribet! Yauda, klo gak dipake cabut aja kabelnya! Repot memang. Hha

Tersedia kabel input jack 3,5mm yang sialnya kabelnya berhimpit menempel dengan kabel power USB. Kenapa sial? Karena dengan desain ini, NS77 secara tidak langsung menyuruh kita memakai power dari USB laptop/PC yang biasanya posisinya memang tidak jauh dari jack 3,5mm laptop/PC. Padahal terutama bagi saya, USB laptop sudah penuh dicolokkan ke DAC, flashdisk, mouse, dan modem, so untuk NS77 saya pake kepala charger 5V 1A. Mau gak mau pakai kabel USB ekstensi deh agar bisa mencapai sumber listrik :(

Overall desain gairah muda nya tidak diimbangi dengan perencanaan tata letak dan fungsionalitas yang baik

Suara
Hardware yang digunakan
Laptop : lenovo G460 windows 8
Player : foobar 2000
DAC : fiio E10
Amplifier : objective O2
interkonek : custom cable silvercoated bella audio

Tentu speaker ini sudah burn in selama 100 jam.
Karakter dasar speaker ini adalah cenderung bright, dengan bass yang mengejutkan bisa keluar dengan besar, dan soundstage yang apik.

Impresi mendetailnya :
bass
Mengejutkan! Satu kata ketika dengar bass NS77. Ketika kita mendengar kata "speaker 2.0 USB powered", pasti yang terbesit di telinga kita adalah sebuah speaker cempreng yang bassnya duk duk duk doang, biasa dipake di warnet game online murah.
Tidak dengan NS77! Dengan driver yang berkualitas dan fungsi bassport yang optimal, bass menjadi sangat terasa! Ya tentu jangan disamakan dengan speaker yang ada subwoofernya yah.
Bass tidak asal duk duk duk saja, tapi memang terasa getaran dan pukulan empuknya. Saran saya, letakan NS77 diatas meja kayu yang datar dan rata, lalu dengarkan sambil taruh tangan anda diatas meja. Getaran-getaran bass dari NS77 menjalar ke tangan anda, and that's so fun!
Biasanya di speaker 2.0 USB powered murah, bass drum dengan bass gitar menyatu, namun tidak di NS77 ini. Suara "dem dem dem" dari bass gitar berbeda dengan "dug dug dug" dari bass drum. Singkat kata, detail bass NS77 mantap!
Speed bass sendiri average, kurang cocok menghandle musik metal, namun sudah baik kalah hanya rock dan yang lebih slow.
Saya terkejut dengan apa yang diberikan NS77 disini, jauh melebihi ekspektasi saya terhadap speaker USB powered 2.0. Ya sekali lagi, jangan bandingin sama 2.1 yah!

Mid
Mid NS77 forward dan paling dominan dari semua frekuensi suara, terasa padat dan penuh serta memiliki bobot, jadi tidak ringan cempreng. Suara vokal terasa menonjol dibanding yang lain, sayangnya sedikit kurang berbodi. Detail mid cukup menawan, suara gitar akustik terasa crisp namun memang kurang berbodi. Satu nilai minus adalah grainy yang agak mengganggu terutama di dentingan piano, terdengar agak kasar.

High
Membawa karakter bright tentu presence high sangat terasa. Suara simbal meski kurang real namun sudah sangat baik, lepas dan ringan tanpa kehilangan bobot. Sayangnya disini terdengar beberapa suara yang grainy. Kadar tajam di high pas, tidak bikin sakit dan tidak terasa tumpul.

Separasi
Untuk ukuran speaker murah USB powered, separasi NS77 terbilang cukup. Sudah bisa membedakan suara, namun posisinya memang masih ada yang bertumpuk sih.

Staging
Inilah salahsatu poin kuat NS77. Tulisah "3D sound" di kardus tidak bohong! Staging terasa luas, dan jelas positioningnya. Dipakai di laptop terasa sekali suara seperti keluar dari monitor, bukan dari speaker yang letaknya di kanan kiri monitor, posisi center-kanan-kiri ketika mendengarkan lagu jelas sekali. Saya belum pernah menemukan yang sebaik ini di harga 180rb.

Detail
urusan detail, NS77 sudah cukup baik. Tidak semua detail keluar, jangan harap mendengar desahan napas emosional, gesekan greget tangan dan senar gitar. Namun semua yang disajikan sudah baik mengingat kelas harganya. Sudah sangat cukup untuk easy listening.

Genre musik
NS77 bisa menghandle semua genre musik, kecuali metal dan bassheavy. Bassheavy sebaiknya pakai konfigurasi 2.1. Bestnya di genre pop, pop-rock, dan jazz. Dengar Lenka dan maroon 5 eargasm sekali saya.

Movie dan gaming
Urusan ini juga bisa dihandle dengan baik. Suara ledakan dan percakapan terdengar apik. Yaa apik untuk speaker 2.0 tentunya. Jika Anda gamer berat, akan merasa sedikit kurang oke dengan NS77, soalnya dia bisa mendeteksi arah datang tapi tidak dengan jarak. Tapi saya tanya, adakah yang lebih baik dari ini di harga 180 dengan konfigurasi sesama 2.0? Saya jawab dengan mantap, TIDAK

Kesimpulan
Speaker 2.0 USB powered seharga 180rb, memiliki bass dan soundstage yang secara mengejutkan sangat baik, membuat NS77 layak jadi primadona di kelasnya. Beli lah, daripada dengerin speaker cempreng laptop, bagusan NS77 kemana-mana. 180rb saya rasa sangat terjangkau kok.
Adanya grain memang sebuah minus mengganggu, tapi yaa apa sih yang diharapkan dari speaker murah? Dont expect too much!

Plus
- bass dan soundstage sangat baik
- murah
- performa keseluruhan menakjubkan, mengingat ini speaker USB powered 180rb

Minus
- QC jelek (come on dBe, perusahaan Anda bukan perusahaan kecil lagi)
- posisi volume kontrol dan jack, serta tidak ada tombol power

Rating : 9/10

23 comments:

  1. kalau dibandingkan dbe ns77 dengan divoom iris-05 bagusan mana ya ?

    ReplyDelete
  2. kalo dibandingin sama Altec Lansing BXR1220 gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama udah burn-in, menurut gw sih NS77 lbh oke yah..
      Soundstagenya lbh jelas, BXR1220 agak hollow
      Bassnya jg NS77 jauh lbh fun, overall suaranya jg punya "bobot" dibanding BXR1220 yg ringan banget..

      Delete
  3. Cara nge burn-in speaker itu ukuran volume nya berapa persen dan berapa jam idealnya di burn in ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. volume normal buat dengerin musik aja, diatas 50 jam udah oke tuh

      Delete
  4. Maap nih om masih newbie banget.
    kalo misal dimod jadiin satelit, subwoofernya pake abal2 worth it ndak om? masih ragu ambil ini ato skalian ambil 2.1

    ReplyDelete
  5. ane udah make speker ini udah lebih dari setaun dan sangant memuaskan, kebetulan pengen ambil lagi speker 2.0 usb yg harganya dibawah ns 77, antara Sonicgear Quatro 2 dan genius hf 150 diantara itu yang sq nya mendekati ns77 yg mana ya gan? atau ada saran lain untuk speker 2.0 usb?
    jenis lagu yg di puter biasanya slow kaya ten2five, slow rock Pink Floyd, atau metal kaya Bullet for My Valentine Arch Enemy, kadang edm an

    ReplyDelete
    Replies
    1. gatau belum nyoba, terakhir nyoba yg lumayan tuh logitech Z150

      Delete
    2. ditunggu riview logitech Z150 nya gan :D

      Delete
  6. Gan, klo di compare sama Elephant SP-011 lbh mantab mana gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. udh ada yg bahas, silakan liat disini :
      http://www.kaskus.co.id/show_post/000000000000000693187780/45/-

      Delete
  7. ns77 bs dicolok ke stop kontak pake kepala charger gan?
    berpengaruh ke performanya ga klo dibanding colok usb ke laptop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, gw zaman pake NS77 selalu pake adaptor. Pastikan adaptornya minimal 5V 1A

      Delete
  8. ini bisa di pair ke FiiO e07k atau ada caranya gak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu Bisa
      Yaa tinggal colokin jack NS77 ke E07k aja, selesai sudah urusan :)

      Delete
  9. BXR mah ga worth lha mendin AVS300 kalo mau adu sama Dbe

    ReplyDelete
  10. ini speaker mana R dan mana L saya cari2 ga ketemu...

    ReplyDelete
  11. Pengen beli ini, tp udah mulai langka di tahun sekarang ini :(. Rata2 harga dipatok mahal, tetapi kaskus doang yang enggak.
    Habis lirik Logitech Z120, gimana om gobedh? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yhaa lumayan tapi jelas overall SQ sih msh dibawah NS77 yah IMHO

      Delete
  12. mantaf om reviewnya saya suka banget.bisa minta rekomendasi speaker 2.1 harga dibawah 300.000 om?saya suka yg agak bright.terutama untuk cimbal drum yang ces ces.kalau bisa yang beratnya ringan om.soalnya ane dipelosok.terkendala di ongkirnya yang mahal.terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. udh ga main speaker lagi gw, terakhir yg bagus di harga segitu tuh dbe SP66N

      Delete